Koi di kolam rumah, meneduhkan dan menyemarakkan hunian. Foto: Rumah123/Getty
 

Ikan koi (Cyprinus carpio) asalnya dari Jepang. Merupakan hasil persilangan ikan mas. Seiring waktu berjalan, ikan ini dikembangbiakkan menjadi banyak jenis warna dan motif yang menarik. Selain indah, keindahannya biasanya pada punggungnya, konon ikan koi bisa membawa keberuntungan bagi si pemeliharanya.

Biasanya ikan koi dipelihara di kolam, bukan di akuarium. Jadi, butuh kolam yang agak luas, agar ikan koi dapat bergerak lebih leluasa. Kamu pun sebaiknya tahu beberapa karakteristik ikan rupawan ini, semisal dia suka kolam berarus. Koi juga butuh oksigen dalam jumlah banyak, maka itu sistem filterisasi kolam haruslah baik. Koi juga lebih menyukai air bersuhu hangat ketimbang dingin.

Baca juga: Asyiknya, Melihat Burung, Ikan, dan Serangga Bermain di Kolam Rumah

Pilih jenis koi yang akan kamu pelihara. Sebab, varian koi sangat banyak. Ada koi showa, koi sanke, dan masih banyak lagi.

Perawatan ikan koi cukup rumit, terutama bagi pemula, cara perawatan yang kurang tepat dapat menyebabkan koi stres dan sakit, bahkan mati. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu perhatikan kalau mau pelihara ikan koi di rumah:

Jangan Terkena Matahari Langsung

Usahakan lokasi kolam ikan koi tidak berada pada tempat yang terpapar sinar matahari langsung, karena akan meningkatkan pertumbuhan lumut yang dapat memengaruhi kejernihan air kolam. Apabila kolam ikan di rumahmu telanjur di area luar, maka gunakan tanaman air semisal teratai atau tumbuhan lili air, agar pertumbuhan koi tidak terganggu.

Baca juga: Mau Bikin Kolam Ikan? Baca Tips Ini Dulu Dong (Bagian 1)

Kedalaman Kolamnya Lebih dari Satu Meter

Sebagian orang beranggapan bahwa membangun kolam yang dangkal merupakan solusi tepat untuk menikmati keindahan ikan koi. Justru sebenarnya hal itu menghambat pertumbuhannya, sehingga pelan-pelan membuat pertumbuhannya jadi bengkok. Kedalaman yang ideal untuk kolam ikan koi adalah lebih dari satu meter untuk menstabilkan temperatur air yang disebabkan oleh sinar matahari atau cuaca dingin saat malam.

Derajat Keasaman Air Harus Pas

Kesehatan dan keindahan ikan koi sangat bergantung pada kondisi air kolam. Derajat keasaman (pH) air yang cocok untuk pertumbuhan koi berkisar 6,5 hingga 8,5. Agar sirkulasi air tetap terjaga, pasang pompa yang mampu menyalurkan air sebanyak 25 liter per menit. Cara ini cukup efisien menjaga kebersihan kolam, sehingga kamu hanya perlu membersihkan filter dan bak filternya saja.

Bagikan: 2057 kali