Foto: Rumah123/iStock
 

Hewan peliharaan di rumah emang bisa bikin penghuni gembira. Selain lucu, hewan juga bis ajadi teman yang baik di rumah. Tapi, ada tapinya nih, hewan peliharaan tuh kadnag suka bikin jengkel juga. Semisal kucing yang suka mencakar-cakar sofa dan furniture lainnya atau suka mendadak pipis di dinding rumah yang bikin bau ruangan.

Emang sih, menggaruk permukaan kasar merupakan cara hewan tersebut menjaga cakarnya tetap tajam. Itu juga cara hewan tersebut melepas stres dan merenggangkan otot punggung dan kakinya.

Selain itu, hewan semisal kucing, anjing, atau kelinci sering memunculkan bau tak sedap di rumah.

Baca juga: Tips Desain: Antara Buku Puisi, Karya Seni, dan 2 Kucing

Nah, Solusinya:

Pertama, untuk mengatasi furniture jadi penuh baretan cakar kucing, kamu dapat menutup bagian furnitur yang paling sering dicakar oleh hewan peliharaanmu dengan selotip, lakban, atau aluminium foil.

Kedua, sediakan media agar binatang kesayanganmu bisa menggaruk. Pada saat kucingmu misalnya menggaruk media yang kamu sediakan ini, respons dia dengan menggosok perutnya. Dia jadi merasa telah melakukan sesuatu pada tempatnya, sehingga besok dia tertib melakukannya.

Ketiga, bau tak sedap yang dimunculkan hewan peliharaan biasanya berasal dari tubuhnya, makanannya, atau tempat mereka buang kotoran. Kamu harus mengimbangi aroma tak sedap itu dengan membersihkan sumber baunya, sehingga bau gak menyebar ke seantero rumah. Mandikan hewan peliharaan secara berkala, atau membersihkan kandangnya. Kamu juga menyiasati bau hewan tersebut dengan beberapa cara berikut:

Baca juga: Gak Sembarangan, Nih Desain Rumah Khusus untuk Pemilik Kucing

Minyak Esensial

Tuangkan perasan lemon dan minyak esensial ke dalam cangkir, kemudian campurkan dengan baking soda. Kocok hingga merata. Taburkan campuran ini ke area yang berbau kurang sedap, misalnya kandang hewan. Diamkan dan tunggu hingga mengering. Campuran ini sekaligus juga dapat menjadi penyegar ruangan.

Buah Jeruk

Kamu dapat mencoba membuat campuran dari lemon, kulit jeruk, gula, dan air. Didihkan campuran tersebut dan gunakan sebagai bahan semprotan untuk ruangan. Aroma segarnya bisa membantu menghilangkan bau tak sedap hewan peliharaan. Kamu juga dapat menyemprotkannya pada kandang.

Baking Soda dan Cuka

Campuran ini dapat digunakan sebagai penyegar udara yang alami. Bau yang berasal dari kain, furnitur, bahkan hewan bisa dihilangkan dalam seketika. Cukup tuang campuran tersebut ke dalam botol semprot, lalu semprotkan.

Bagikan: 328 kali