Foto: Rumah123/Getty
 

Mencuci baju dan piring merupakan keseharian pekerjaan di rumah. Sehari aja kamu gak melakukannya, bisa-bisa mengundang masalah. Ya bau tak sedap, semut bertandang, dan sebagainya. Karena mencuci baju dan piring bisa ratusan, bahkan jutaan kali kita melakukannya, maka langkah menghemat merupakan sikap bijak. Bayangkan, dari yang sedikit menjadi berapa banyak keuntungan dari langkah kecil kita berhemat.

Berikut ini tips cara menghemat saat kamu mencuci baju atau piring:

Menghemat Detergen

Hindari mencuci pakaian  menggunakan air dingin. Psalnya, tekstur detergen membuatnya sulit larut dalam air dingin. Menggunakan air dingin untuk mencuci, membuat kamu butuh dua kali lipat takaran detergen. Jadi, sebaiknya kamu mencuci dengan air hangat. Air hangat bisa membuat tekstur detergen mudah larut. Selain hemat, air hangat juga terbukti lebih cepat membunuh kuman pada pakaian yang kotor.

Saat mencuci pakaian sebaiknya gak menggunakan detergen terlalu banyak. Sebab, akan menyisakan banyak residu sehingga kamu jadi perlu air lebih banyak untuk membilas cucian.

Baca juga: Mau Tau Cara Kurangi Beban Cucianmu?

Menghemat Baju  

Hindari mencuci baju dengan air yang telampau panas. Air panas bikin pakaian jadi menciut dan gak tahan lama.

Menghemat Air

Bagaimana cara kamu mencuci piring? Mencucinya di bawah aliran air? Ataukah dengan mencelupkannya ke dalam wadah berisi air? Cara kedua lebih menghemat air lho.

Tampung air sebanyak tiga hingga lima liter di dalam sebuah wadah semisal baskom. Tuangkan sabun cuci piring cair sebanyak satu sendok teh ke dalam air tersebut, lalu aduk hingga berbuih.

Baca juga: Tips Hemat Energi untuk Hunian Masa Kini

Gunakan spons, sabut, atau sikat gigi cuci piring untuk membersihkan perkakas dan peralatan makan satu persatu. Lakukan hal tersebut di dalam larutan sabun tersebut.

Setelah semua perkakas dan peralatan makanmu dicuci, buanglah air bekasmu mencuci. Bilas wadah pencucian, lalu isilah lagi dengan air bersih.

Gunakan air bersih tersebut untuk membilas piring dan perkakas lain. Tiriskan lalu keringkan perkakas sesuai dengan kondisi tempa mencuci piring.

Bagikan: 1524 kali