libur natal dan tahun baru- rumah123.com Saat Mengemudi Jarak Jauh untuk Berlibur Natal dan Tahun Baru, Ada Sejumlah Tips yang Bisa Diterapkan. Salah Satunya Pengemudi Harus Beristirahat Cukup Selama Perjalanan (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pengemudi dituntut bisa berkonsentrasi saat mengemudi jarak jauh pada libur Natal dan Tahun Baru. Ada beberapa tips yang bisa mencegah kelelahan.

Bagi kamu yang berencana untuk menggunakan kendaraan pribadi pada musim liburan ini, kamu harus waspada. Apalagi kalau kamu memilih melewati Tol Trans Jawa atau Trans Sumatera.

Pengendara harus lebih konsentrasi dibandingkan saat menyetir di dalam kota. Waktu berkendara bisa lebih lama dan jauh.

Baca juga: Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Bisa jadi kamu ingin mengemudikan kendaraan lebih cepat lantaran jalan tol yang kosong. Namun, kamu mesti ingat hal ini karena kamu mudik bersama keluarga.

Laman berita online Kompas.com menyitir pernyataan Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu. Dia memberikan sejumlah tips bagi pengendara yang ingin mudik atau berlibur.

Tips ini bisa diterapkan guna mencegah kelelahan saat menyetir. Kelelahan di jalan bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

1. Mengatur Pola Istirahat

Kondisi fisik setiap orang tentunya berbeda-beda. Ada yang kuat untuk menyetir seharian, ada juga yang baru beberapa jam sudah merasa lelah. Dalam peraturan perundangan, pengemudi boleh mengendarai mobil sampai empat jam.

Kamu bisa memutuskan untuk beristirahat setiap empat jam sekali. Kamu bisa memilih rest area, SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum), rumah makan, dan lainnya.

Waktu istirahat juga tidak perlu lama, cukup 15 menit hingga 30 menit. Sebenarnya, bagi pengendara yang Muslim, kamu akan berhenti untuk salat lima waktu. Kamu bisa menghitung kapan pemberhentian kamu selanjutnya.

Penumpang juga perlu beristirahat. Jika kamu terus menerus duduk tanpa bergerak, tentu hal ini tidak baik. Pengemudi dan penumpang bisa beristirahat, tidur sejenak, atau melakukan peregangan ringan.

Sebenarnya, kamu bisa melakukan hal lain seperti wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Sebelum memulai perjalanan, kamu bisa menentukan saat siang hari, kamu sudah mencapai kawasan mana.

Bisa jadi di kawasan tersebut ada wisata alam dan wisata kuliner yang menarik. Kamu dan keluarga bisa menikmati pemandangan alam sambil menyantap kuliner khas setempat.

2. Mengatur Asupan Makanan

Saat berkendara, tentunya kamu juga harus mengatur pola makanan yang sehat. Kamu tidak boleh menenggak minuman beralkohol, minum obat yang menyebabkan kantuk, apalagi memakai narkotika.

Pola asupan makanan bisa membuat kamu tetap bugar selama menyetir. Sebaiknya kamu menghindari minum kopi agar tidak mengantuk.

Jika kamu merasa mengantuk, sebaiknya kamu beristirahat. Atau meminta orang lain untuk berganti mengemudikan mobil.

3. Mengelola Mental

Saat berkendara, pastikan kamu tidak berpikir tentang hal lain. Kamu harus berkonsentrasi saat mengemudikan mobil.

Jangan sampai masalah pekerjaan, keuangan, dan lainnya malah mengganggu konsentrasi. Kalau kamu memiliki masalah seperti ini, sebaiknya kamu jangan mengemudi.

Kalau konsentrasi pengemudi terganggu, maka hal ini bisa membahayakan pengemudi dan juga penumpang. Ingat hal itu ya.

Baca juga: Tips Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Bagikan: 198 kali