Gempa yang Terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat Menyebabkan Ribuan Rumah Mengalami Kerusakan (Rumah123/The Australian)

Kamu sudah mengetahui kan kalau gempa berkekuatan 7 skala Richter terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (05/08/2018) pada 18.46 WIB. Hingga Senin (06/08/2018) siang, korban jiwa tercatat 91 orang.

Sebanyak 209 orang mengalami luka-luka. Ribuan orang mengungsi. Selain itu, ribuan rumah mengalami kerusakan parah terutama yang berada di Kabupaten Lombok Utara.

Baca juga: Beneran Lho, Rumah Pantai ini Didesain Tahan Angin Topan dan Badai!

Usai gempa, banyak orang yang mulai melihat rumah yang sempat ditinggalkan. Saat terjadi gempa, orang memang harus keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Banyak hal yang perlu diperhatikan saat kamu kembali ke rumah usai gempa. Kamu perlu waspada saat mengecek rumah ya.

Baca juga: Villa Mewah Dihantam Badai, Bos Virgin Air Ngumpet di Ruang Penyimpanan Wine

Pertama, memeriksa kondisi luar rumah. Coba cek lihat rumah, apakah miring atau tidak. Lantas periksa pondasi rumah, apakah ada yang ambles.

Jangan lupa untuk memeriksa dinding, apakah ada yang retak. Begitu juga dengan jendela, pintu, atap, dan lainnya. Kamu harus memeriksa seluruh bagian luar rumah.

Baca juga: Belum Laku Terjual, Villa Mewah Donald Trump Hancur Diterjang Badai Irma

Kedua, memeriksa instalasi listrik, air, dan telepon. Hal pertama yang perlu kamu periksa adalah sambungan listrik, apakah listrik masih mengalir atau tidak.

Periksa juga apakah ada kabel yang terkelupas atau tidak. Tetapi, jangan perbaiki sendiri ya, kamu harus menunggu petugas PLN untuk memperbaikinya.

Baca juga: Tips Tsunami: Ini yang Mesti Kamu Lakukan Saat Terjadi Tsunami

Kamu juga perlu memeriksa aliran air dan sambungan telepon. Apakah keduanya masih terkoneksi dengan baik atau tidak.

Ketiga, periksa bagian dalam rumah. Setelah kamu memeriksa bagian luar rumah serta sambungan listrik, air, dan telepon, saatnya untuk mengecek bagian dalam rumah.

Baca juga: Ada Rumah Tahan Gempa dari China, Kayaknya Cocok Buat di Indonesia Nih

Namun sebelum masuk rumah, cium dulu apakah ada bau gas. Jika ya, kamu harus berhati-hati, untuk mematikan saluran gas dengan kompor.

Saat masuk ke dalam rumah, coba cek dengan seksama, apakah ada dinding yang retak atau tidak. Cek juga kondisi furnitur. Hati-hati saat melangkah ke dalam rumah, hunian kamu pastinya berantakan. Kamu bisa menginjak benda tajam atau terpeleset saat masuk rumah.

Baca juga: Tips Gempa: Jangan Panik Kalau Ada Gempa

Jangan lupa memeriksa langit-langit, apakah ada yang copot. Jika rumah kamu berlantai dua atau lebih, cek bagian tangga.

Semua ini harus kamu cek dengan teliti. Setelah gempa, tentunya kamu ingin kembali ke rumah. Jika rumah masih dalam keadaan baik dan hanya berantakan, kamu hanya perlu merapikan. Lain halnya kalau rumah kamu rusak berat, kamu perlu perbaikan sebelum bisa menempatinya kembali.

Bagikan: 1044 kali