ruang tamu- rumah123.com Sebelum Kamu Mendesain Ulang Ruang Tamu, Ada Sejumlah Tips Terkait Furnitur yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memiliki Ruang Tamu yang Cocok untuk Seluruh Anggota Keluarga (Foto: Rumah123/Getty Images)

Saat memiliki rumah, kamu akan mendesain rumah sesuai dengan anggota keluarga. Sesuaikan juga desain interior ruang tamu agar cocok dengan seluruh penghuni.

Furnitur yang sedang tren belum tentu cocok dengan hunian kamu. Apalagi kalau kamu memiliki anak-anak yang aktif saat bemain.

Untuk itu, kamu harus pintar dalam merancang hunian terutama ruang tamu. Ada sejumlah tips yang bisa diterapkan dari Realestate.com.au terutama dalam memilih furnitur. Situs properti ini milik REA Group Australia yang juga induk perusahaan dari Rumah123.com.

Baca juga: Tips Desain: 3 Trik Percantik Dinding Tanpa Harus Ganti Cat

1. Sofa

Tumpahan minuman, bekas makanan, dan lainnya pasti bisa menimpa sofa. Jadi kamu bisa memilih sofa dengan penutup yang mudah dicuci, dibersihkan, dan dikeringkan. Ada penutup sofa yang bisa disesuaikan dengan beragam ukuran sofa.

Pilihlah sofa yang cukup untuk seluruh anggota keluarga. Biasanya anak suka duduk bersama orang tua saat menyaksikan acara televisi. Kalau rumah kamu kecil, mungkin kamu bisa memilih sofa yang berfungsi menjadi tempat penyimpanan.

2. Coffee Table

Cari coffee table atau meja kopi yang memiliki tempat penyimpanan. Kamu bisa menyimpan mainan, buku, atau lainnya. Tidak ada salahnya untuk mempunyai perabotan dengan dua fungsi yaitu kursi dan tempat penyimpanan (storage).

Pikirkan juga tinggi anak-anak jika dibandingkan dengan coffee table. Anak-anak yang suka berlarian bisa saja membentur coffee table. Jangan lupa untuk melapisi bagian ujung meja agar anak tidak terbentur.

3. Rak

Rak serba guna tentunya dibutuhkan bagi keluarga. Sangat disarankan kalau kamu memiliki rak yang tinggi. Bagian atas untuk menaruh barang-barang milik orang tua. Kamu bisa menaruh buku, pakaian, dan lainnya.

Sementara bagian bawah menjadi tempat anak menyimpan mainan atau buku. Anak-anak bisa menaruh sendiri barang-barang pribadi sebagai bentuk tanggung jawab.

4. Peralatan Elektronik

Kamu memiliki pilihan untuk menaruh televisi pada meja tv set atau memasangnya di dinding. Pilihan memasangnya di dinding bisa lebih aman.

Pastikan seluruh kabel televisi, dekoder, router wifi, radio, atau apa pun peralatan elektronik tersembunyi dengan baik. Hal ini untuk menghindari orang tersandung.

5. Karpet

Tidak ada salahnya untuk memasang karpet di ruang tamu. Namun, kamu harus mempertimbangkan usia anak dan seberapa sering orang lalu lalang di ruang tamu.

Carilah karpet dengan bahan yang mudah dibersihkan. Anak-anak sering menumpahkan minuman atau meninggalkan sisa makanan pada karpet. Pilihan lainnya adalah kamu memilih tikar. Biasanya tikar memiliki bahan yang lebih mudah dibersihkan.

6. Menghindari Bahaya

Keselamatan tentu menjadi hal utama bagi keluarga. Coba cari kabel peralatan elektronik, apakah ada kabel yang terbuka?

Lihat juga apakah ada furnitur dengan sisi luar yang tajam, pernak pernik yang rapuh, laci yang penuh peralatan, dan lainnya di sekitar ruang tamu. Coba lakukan pencegahan segera untuk mencegah anak-anak terluka saat bermain atau beraktivitas lainnya.

Baca juga: Tips Desain: 4 Inspirasi Gaya Mediterania yang Bisa Diterapkan di Rumah

Baca juga: Tips Desain: 7 Cara Mengubah Rumah Menjadi Terlihat Mewah

Bagikan: 1324 kali