rumah tua desain modern- rumah123.com Desain Interior Modern Bisa Diaplikasikan untuk Rumah Tua Sehingga Terlihat Mewah. Nuansa Jadul Bisa Selaras dengan Furnitur Baru (Foto: Rumah123/Getty Images)

Rumah tua bisa memiliki kesan mewah melalui rancangan desain interior modern. Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan kalau memiliki rumah jadul.

Di Indonesia, biasanya kalau memiliki rumah tua, maka pilihan yang dilakukan adalah merobohkan rumah tersebut. Lantas rumah baru akan dibangun.

Lain halnya kalau kamu berada di negara-negara Barat. Rumah lama tetap dipertahankan. Tidak jarang kalau ada rumah yang sudah berusia ratusan tahun.

Baca juga: Tips Desain: Saat Anak Harus Berbagi Kamar Tidur, Sejumlah Cara Ini Bisa Diaplikasikan

Sebenarnya, kamu bisa melakukan hal yang sama jika memiliki rumah tua. Kakek nenek atau orang tua mewariskan rumah tua kepada kamu. Ketimbang kamu merobohkannya, lebih baik kamu mendesain ulang hunian menjadi lebih modern.

Rumah tua pastinya berdesain zaman dahulu, biasanya mendapatkan pengaruh dari Belanda. Atau bisa juga rumah tradisional seperti rumah Joglo.

Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan agar rumah tua tetap tampil oke. Kamu bisa memasukkan unsur desain interior modern ke dalam rumah tua.

Baca juga: Tips Desain: 6 Cara Mempercantik Kamar Tidur

Situs properti Australia Realestate.com.au memberikan sejumlah tips bagaimana memasukkan unsur modern dan gaya interior modern dimasukkan ke dalam rumah tua, namun tetap selaras secara keseluruhan.

1. Mengubah Dapur Menjadi Lebih Modern

Salah satu yang bisa diubah adalah dapur. Kamu bisa menambahkan kitchen set lengkap dengan island, bak cuci piring, dan lainnya.

Kompor gas, microwave, dan peralatan memasak yang berbahan logam bisa berpadu dengan dinding dapur yang mungkin menampilkan bata ekspos. Secara keseluruhan, dapur bernuansa modern ini tidak bertabrakan dengan gaya arsitektur rumah.

2. Memasang Wallpaper Atau Mural di Dinding

Saat ini, wallpaper memiliki sederetan pola dan warna. Kamu bisa memasang wallpaper di dinding, ketimbang mengaplikasikan cat. Wallpaper memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan cat lantaran menampilkan gambar.

Kehadiran wallpaper menghadirkan nuansa baru dalam ruangan. Kamu bisa memasang wallpaper pada satu bagian dinding sebagai aksen atau memasang wallpaper di seluruh dinding. Pilihan lainnya adalah menampilkan mural atau lukisan dinding. Kamu bisa membuat mural sendiri atau meminta jasa profesional.

3. Mempercantik Beranda

Jika ada beranda atau teras, kamu bisa mengubahnya menjadi lebih menarik. Kamu bisa menjadikan beranda sebagai tempat berkumpul, bersantai, dan lainnya.

Mungkin kamu akan membayangkan kalau rumah bergaya jadul tidak bisa memiliki beranda bergaya modern. Coba kamu lihat sejumlah situs desain dan interior, banyak rumah tua yang memiliki beranda bergaya modern. Ada perpaduan yang pas antara rumah jadul dengan sofa yang modern dan juga taman.

4. Memasukkan Furnitur Baru Bernuansa Lama

Kamu pernah melihat furnitur seperti sofa, kursi, meja, lemari, dan lainnya yang bernuansa jadul. Furnitur ini bukan perabot lama, namun perabot baru yang berdesain jadul. Kamu bisa membeli furnitur seperti ini supaya desain interior tetap terlihat selaras.

Pilihan lainnya kamu mendaur ulang furnitur lama. Kamu bisa menampilkan furnitur jadul apa adanya dan memadukan dengan perabot baru. Atau kamu melakukan daur ulang. Kamu bisa mengecat lemari kayu dengan warna yang lebih cerah. Furnitur lama kamu akan tampil lebih kekinian.

Kamu juga bisa menaruh radio tua, pajangan jadul, hingga sepeda tua untuk ditampilkan. Tampilkan barang jadul sekreatif mungkin.

Baca juga: Tips Desain: Ruang Tamu yang Sesuai Untuk Seluruh Anggota Keluarga

Baca juga: Tips Desain: 7 Cara Mengubah Rumah Menjadi Terlihat Mewah

Bagikan: 1391 kali