Dua warna pun sudah cukup bikin kamar tidur ini tampak nyaman dan menyenangkan. FOTO: Rumah123/Jhony Hutapea.
 

Kos-kosan memang salah satu bisnis properti yang  oke.  Kalau kamu beli unit hunian yang letaknya  sekitar kampus atau perkantoran, tunggu apa lagi, segeralah mendesainnya jadi kamar kos yang menarik.

Desain kamar kos seperti apa sih yang menarik? Ada 2 konsep desain rumah kos yang bisa kamu terapkan, yakni: minimalis dan modern. Apa pun desain pilihanmu, pastikan untuk melengkap fasilitasnya agar pengekos atau penyewa propertimu puas dan betah.

Konsep Minimalis

Kalau unit propertimu punya tanah yang luas, kamu bisa merenovasinya semisal jadi 10 kamar dalam rumah kos. Tapi, kalaupun kamu hanya punya satu unit studio apartemen, kalau lokasinya dekat kampus atau perkantoran ya jadiin aja kamar kos.

Baca juga: Apartemen Mahasiswa Rp200-400 Jutaan Dekat Kampus IPB, Bagusnya Emang Apa?

Ukuran kamar tidur bisa saja 3x3 meter agar gak terlalu sempit. Tambahkan beberapa furnitur yang multifungsi agar tidak terlalu banyak barang di kamar.

Kalau kamu bangun sendiri sebuah rumah kos, buatlah ruang tamu, garasi, dan dapur. Untuk 10 kamar tidur, misalnya, paling gak tersedia 4 kamar mandi. Jangan lupa sediakan juga ruang jemur pakaian.

Untuk ruang tamu, siapkan satu set kursi dan meja, televisi, dan karpet, untuk memberikan kenyamanan penyewa saat menerima tamu. Sedangkan untuk garasi, cukup untuk tempat motor yang sudah disesuaikan dengan jumlah kamar.

Baca juga: Apartemen Mahasiswa di Tangsel Bisa Dicicil 60 Kali Tanpa Bunga

Pada dapur, sirkulasi udara tetap harus kamu perhatikan. Penataan dan penempatan barang-barang harus rapi. Buat pagar ganda pada garasi, agar lebih aman dan mengantisipasi maling beraksi.

Beri kamar kos warna cerah agar terlihat lebih terang. Gunakan satu jenis warna saja.

Konsep Modern

Rumah kos modern bisa kamu buat dengan membangunnya jadi 2 atau 3 lantai, bahkan 4 pun oke kalau modla kamu mencukupi. Beda utama rumah kos modern dengan yang minimali adlah dari nilai lebihnya. Semisal merupakan smarthome atau rumah pintar yang menerapkan IoT (Internet of Things).

Baca juga: Investor Apartemen Mahasiswa Zaman Now Bisa Untung 8-15% per Tahun

Setiap kamar tidur memiliki kamar mandi sendiri. Ruang tamu dilengkapi dengan furnitur modern. Garasi berukuran luas. Selain  tersedia tempat jemur pakaian, juga ada taman sebagai area untuk bersantai.

Cat dinding sesuaikan dengan warna furnitur dan aksesori setiap ruangan. Pilihlah warna yang cerah agar setiap ruangan gak berkesan suram. Pilih furnitur ruangan yang multifungsi.

Bagikan: 4394 kali