ILustrasi Foto: Rumah123/Getty
 

Punya unit apartemen seluas 43 meter persegi, tapi kamu masih bingung bagaimana mendesain penataannya? Apartemen yang tak gitu luas tentunya butuh disiasati agar kamu bisa menghuninya dengan lapang dan nyaman.

Direktur Ma-Ru Interior Architecture Product, Zenin Adrian, seorang arsitek, mengatakan, secara umum unit apartemen punya keterbatasan luas bangunan, sehingga tiap ruang harus diukur dengan cermat agar dapat difungsikan secara optimal dan multifungsi. Jadi, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengukur dengan cermat berapa ukuran unit apartemenmu.

“Rekonstruksi ruang apartemen menjadi hal penting untuk memecahkan masalah ruang sempit menjadi optimal dan fleksibel agar terlihat menawan dan nyaman,” kata Zenin seperti dikutip Kontan.co.id, Senin (23-7-2018)

Baca juga: Apartemen Mungil Ini Didesain untuk 2 Penghuni dan 51 Kucing!

Untuk mendesain unit apartemen seluas 43 m2, Zenin menerapkan sentuhan yang simpel, modern, dan fungsional. Contohnya, unit seluas itu didesain dengan satu ruang tengah yang fleksibel dengan multifungsi: ruang tidur dan ruang kerja, dapur kering dan ruang makan, ruang anak, kamar mandi, serta ada tempat penyimpanan atau lemari geser yang fungsional.

Menurutnya, poin utama desainnya adalah pada penempatan ruang utama dan partisi fungsional yang fleksibel. Semisal penggunaan partisi geser dan cermin di area vertikal sebagai pemisah ruang tidur utama dengan ruang tidur anak, difungsikan untuk lemari pakaian atau koleksi tas dan benda lainnya.

Baca juga: Keluarga 5 Anak Happy Banget Tinggal di Apartemen Sempit

Lemari geser tersebut dilapisi dengan cermin di tiap sisinya yang menghadap ke ruang utama keluarga. Dalam hal ini lemari menjadi latar yang kuat dan kontras untuk area dapur kering dan ruang makan. Kombinasi penggunaan warna hitam dan warna latar yang netral secara menyeluruh, menambah point of interest kesatuan ruangan.

Zenin mendesain unit apartemen tersebut untuk unit apartemen siap huni Signature Park Grande (SPG) yang dikembangkan oleh Pikko Group. Tarif jasanya Rp270 juta untuk mendesain interior unit apartemen tipe dua kamar tidur tersebut. Tarif segitu sudah termasuk desain dan bangunan, serta perabot, peralatan elektronik (sistem pencahayaan, AC, TV, mesin cuci, kulkas, dan dispenser), juga ragam pernak-pernik yang lainnya.

Kolaborasi antara Zenin sebagai arsitek dan Pikko Group sebagai pengembang SPG, tentunya demi meningkatkan kualitas hidup penghuni dan peningkatan investasi nilai jual unit apartemen tersebut.

Nah, kalau kamu punya unit apartemen seluas itu, atau berapa pun ukuran luasnya, kebayang kan senengnya mendesain dan mendekor hunianmu. Makanya, cepetlah punya hunian.

*

Bagikan: 677 kali