tips desain- rumah123.com Ada Sejumlah Tips yang Bisa Dilakukan Kalau Memiliki Hunian Kecil Seperti Rumah Tipe 36 Atau Apartemen Studio. Salah Satunya Adalah Membuat Tempat Penyimpanan Seperti Rak Atau Storage (Foto: Rumah123/IKEA/Ori/Dezeen.com)

Saat kamu memilih tinggal di hunian kecil seperti rumah atau apartemen studio, ada enam hal yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa tinggal dengan nyaman.

Hunian mungil menjadi pilihan banyak orang. Banyak alasan saat orang memilih rumah kecil atau apartemen studio.

Rumah ukuran tipe 36 atau apartemen tipe studio lebih disukai. Harga hunian lebih terjangkau. Jangan lupa juga kalau kamu tidak perlu capek membersihkannya.

Baca juga: Tips Desain: Menampilkan Kesan Mewah dalam Rumah Tua Lewat Desain Modern

Sebenarnya, banyak lho keuntungan tinggal di hunian dengan luas terbatas. Kalau dibahas tentu banyak sekali ulasannya.

Situs properti Australia Realestate.com.au memberikan enam tips bagaimana menyiasati rumah kecil. Nah, bagi kamu yang tinggal di rumah kecil atau apartemen studio, kamu bisa mengaplikasikannya.

1. Membuat Ruang Penyimpanan

Kalau kamu tinggal di rumah kecil atau apartemen studio, kamu harus membuat storage atau ruang penyimpanan di rumah. Kamu bisa memanfaatkan ranjang, coffee table, dan lainnya untuk menjadi tempat penyimpanan.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan dinding untuk membuat rak penyimpanan. Kamu harus memaksimalkan setiap ruang yang ada.

2. Hemat Tapi Tidak Pelit

Untuk menyiasati ruangan terbatas, kamu akan memesan furnitur dan bukan membelinya di toko. Kamu akan memesannya secara khusus lantaran ukuran dan desain disesuaikan dengan hunian kamu.

Lantaran memesan, kamu harus merogoh uang untuk membeli furnitur baru. Kamu bisa berhemat, namun jangan pelit. Furnitur pesanan harus memiliki daya tahan lama supaya kami tidak membeli lagi.

3. Melakukan Penataan Cahaya

Hunian kecil bisa dibuat lapang dengan melakukan penataan cahaya. Kamu bisa melakukan dengan memasang lampu di sudut ruangan dengan lampu duduk.

Cara lainnya adalah memasang cermin, mengaplikasikan cat yang bisa memantulkan, dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk menyiasati pantulan cahaya matahari dan juga sinar lampu.

4. Kreatif Saat Mendesain Ruangan

Saat mendesain ruangan, kamu harus melakukannya sekreatif mungkin. Kamu bisa memilih desain minimalis untuk ruangan. Desain ini merancang ruangan tidak memiliki banyak barang.

Namun, kamu bisa memilih beragam desain lainnya seperti Skandinavia. Furnitur yang simpel menjadikan ruangan menjadi lebih terlihat lega.

5. Membuat Setiap Elemen Ruangan Memiliki Tujuan

Saat kamu menempatkan perabot, maka furnitur ini memiliki tujuan. Kamu bisa menaruh lemari buku sebagai partisi, coffee table sebagai meja dan tempat penyimpanan, dan lainnya.

Lantaran ruang dalam hunian memang terbatas, kamu memang tidak bisa menempatkan barang dalam jumlah banyak. Perabot harus mempunyai dua fungsi atau lebih.

6. Jangan Mengaplikasikan Terlalu Banyak Warna

Kalau hunian memang terbatas, jangan terlalu banyak mengaplikasikan cat dinding. Misalnya kamu mengecat dinding ruangan dengan dua tiga warna berbeda. Kalau pun kamu ingin mengaplikasikan warna lain, jadikan warna tersebut sebagai aksen.

Pilihannya kamu bisa mengaplikasikan warna netral seperti putih atau warna pastel. Warna pilihan kalem ini membuat ruangan terasa lapang.

Baca juga: Tips Desain: Saat Anak Harus Berbagi Kamar Tidur, Sejumlah Cara Ini Bisa Diaplikasikan

Baca juga: Tips Desain: 6 Cara Mempercantik Kamar Tidur

Bagikan:
5135 kali