Desain Interior Lorna McAleer Memberikan Tips untuk Mengaplikasikan Warna Cat yang Bisa Membuat Penghuni Rumah Menjadi Lebih Bahagia (Foto: Rumah123/House Beautiful.com)

Kamu pastinya tahu kalau warna bisa memengaruhi suasana. Hmm, kira-kira warna apa yang cocok untuk membuat rumah terasa menyenangkan. Ada lima warna yang cocok yaitu kuning, hijau, biru, pink, dan merah.

Warna bisa memengaruhi suasana hati. Warna juga dapat merefleksikan kepribadian. Saat ingin mendesain interior rumah, warna apakah yang cocok digunakan untuk memperlihatkan perasaan kegembiraan dan kebahagiaan.

Situs House Beatiful mengutip pernyataan Lorna McAleer yang merupakan pakar interior Style Studio. Dia memilih lima warna terbaik yang bisa meningkatkan suasana hati dan menciptakan lingkungan rumah yang bahagia.

Baca juga: Interior Dapur Berwarna Kuning Keren Lho, Berani Coba Ga?

Pertama, kuning. “Penuh semangat dan bersahabat, kuning adalah warna kebahagiaan dan matahari,” ujar McAleer. Secara sains, kuning merupakan warna terbaik untuk meningkatkan semangat.

Dia memberikan tips mengenai penggunaan warna kuning dalam ruangan. Warna ini bisa terlalu dominan, buat kuning menjadi aksen dalam ruangan, bersanding dengan latar belakang abu-abu.

Warna Kuning Melambangkan Semangat, Kebahagiaan, dan Persabatan, Agar Warna Ini Tidak Terlalu Dominan, Warna Ini Dapat Dipadukan dengan Warna Lain (Foto: Rumah123/House Beautiful)

Baca juga:Wuih Keren Banget, Tangga Spiral dengan Warna Hijau!

Kedua, hijau. “Hijau merupakan warna alam. Dalam bentuk yang lembut, hijau bisa membantu konsentrasi dan relaksasi. Hijau gelap merupakan tanda untuk bersemangat,” kata McAleer.

Dia memberikan saran kepada mereka yang ingin menggunakan warna hijau di dalam ruangan agar bisa memberikan efek luar ruangan dalam hunian. Coba padu padankan hijau dengan mengambil inspirasi dari taman.

Warna Hijau Identik dengan Warna Alam yang Bisa Memberikan Ketenangan dan Relaksasi. Warna Ini Bisa Memberikan Efek Luar Ruangan dalam Hunian (Foto: Rumah123/House Beautiful)

Baca juga: Bikin Hunian Bergaya Kontemporer Lewat Paduan Warna Biru dan Abu-abu

Ketiga, biru. Warna ini kalem. “Orang menjadi lebih produktif dalam ruangan bercat biru karena mereka menjadi kalem dan fokus,” ujar McAleer.

McAleer memberikan saran bagi yang mereka yang ingin mengaplikasikan warna biru yaitu warna ini cocok untuk kamar mandi, ruang belajar, ruang tidur, dan juga ruang berukuran kecil.

Warna Biru Bernuansa Kalem dan Bisa Membuat Orang Menjadi Lebih Produktif. Warna Ini Dapat Diaplikasikan di Kamar Mandi, Ruang Belajar, dan Ruang Tidur (Foto: Rumah123/House Beautiful)

Baca juga: Tips Desain: Warna Dusty Pink Bikin Tampilan Rumah Jadi Beda

Keempat, pink atau merah muda. “Pink adalah pilihan untuk cinta, kebaikan, dan keterbukaan. Pink pucat merefleksikan kehangatan dan sensitivitas. Warna ini juga identik dengan romantis dan sensualitas,” ujar McAleer.

Dia memberikan saran kalau pink bisa membuat ruang terasa kecil, untuk itu gunakan warna ini pada jendela berukuran besar atau ruangan yang mendapatkan cahaya paling banyak. Warna ini bisa digunakan di ruang tamu, ruang makan, dan ruang tidur.

Warna Pink Melambangkan Romantisme. Aplikasikan Warna Ini dalam Hunian Agar Rumah Penuh dengan Rasa Cinta (Foto: Rumah123/House Beautiful)

Baca juga: Kenapa Sih Imlek Identik dengan Dekorasi Berwarna Merah?

Kelima, merah. “Riset menunjukkan kalau merah menunjukkan detak jantung dan membawa emosi. Warna ini ideal untuk pemilik rumah yang ingin segala sesuatunya selesai,” ujar McAleer.

Dia memberikan saran dengan memperkenalkan pola warna tanpa kehilangan antusiasmenya. Merah dapat digunakan untuk membuat ruangan terkesan mewah, bersahabat, dan hangat.

Warna Merah Bisa Meningkatkan Emosi. Warna Ini Juga Bisa Memunculkan Kesan Mewah (Foto: Rumah123/House Beautiful)
Bagikan: 739 kali