Foto: Rumah123/Getty
 

Dapur kinclong pastinya bikin masak jadi semangat kan. Makanya kalau kamu abis masak jangan lupa bersihin lagi. Kayaknya merepotkan ya, tapi kalau kamu lakukan dengan benar, gak susah-susah amat kok.

Sebelum beres-beres dapur abis masak, tentunya bahan masakan dan bumbu yang tersisa abis masak segera kamu simpan di tempat aman agar kalau besok-besok kamu mau pake lagi gampang ditemukan. Ada baiknya sih sisa bahan masakan kamu taruh di kulkas. Jangan lupa untuk menempatkan bahan makanan tersebut ke tempat yang berbeda. Misalnya, ikan dan daging disimpan di freezer, sementara sayuran di tempat penyimpanan khusus vegetables.

Setelah semua sisa makanan tersimpan rapi, segera rendam wadah-wadah kotor mulai dari panci, wajan, hingga piring dan mangkok, dengan air panas. Teteskan sabun khusus pencuci piring dalam rendaman tersebut. Rendaman air panas dengan sabun dapat membuat bekas masakan yang menempel cepat terlepas. Biarkan beberapa menit sebelum kamu cuci dan membilasnya sampai bersih.

 
Foto: Rumah123/Getty
  Peralatan dapur dari kayu

Karena biasanya dapur berudara lembap, maka peralatan masak berbahan kayu rentan terkena jamur. Oleh karena itu, bersihkan seluruh permukaannya dengan sabun dan bilas dengan air mengalir. Kemudian angin-anginkan sampai kering. Dengan begitu, kebersihan perabotan kayu lebih terjamin. Kalau ada noda yang bengal, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan pembersih yakni garam, cuka, lemon.

Garam

Membersihkan peralatan dapur dengan garam tak memakan waktu. Cukup dengan cara mencampurkan garam dengan semangkuk air panas. Rendam alat masak dari kayu yang akan dbersihkan selama 5 menit. Setelah itu, keringkan alat masakmu, lap, dan jemur.

Baca juga: Masak Tambah Seru dengan Tampilan Dapur Baru!

Cuka

Sebagai pembersih peralatan dapur, cuka cukup ampuh. Masukkan satu gelas cuka dan satu sendok makan madu ke dalam satu mangkuk. Aduk rata dua bahan tersebut. Setelahnya, celupkan kapas, tisu atau kain lap pada cairan cuka dan madu itu untuk membersihkan noda atau sisa bau makanan pada alat masak yang terbuat dari kayu.

Lemon

Lemon sangat ampuh untuk membersihkan peralatan memasakmu. Caranya mudah, kamu siapkan air mendidih yang dicampur dengan perasan lemon terlebih dahulu. Kemudian, angkat air mendidih yang telah dicampur perasan lemon tersebut. Ketika masih panas, masukkan alat memasak dari kayu yang ingin kamu bersihkan.

Selanjutnya rendamlah peralat tersebut selama 15 menit. Setelahnya, bersihkan dengan lap dan jemur sampai kering.

 
Foto: Rumah123/Getty

Peralatan dapur dari plastik

Biasakan mencuci peralatan plastik dengan air hangat yang ditambah sabun cuci piring, lalu keringkan. Apabila masih tercium aroma lemak, kamu bisa menyegarkannya dengan jeruk nipis. Sebaiknya jangan menggunakan bahan plastik sebagai wadah makanan yang baru dimasak karena hal ini berisiko bagi kesehatanmu.

Foto: Rumah123/Getty

Peralatan dapur dari besi

Karena digunakan untuk memasak dan bersentuhan langsung dengan api, maka bahan besi ini akan berwarna hitam di bagian dasarnya. Untuk membersihkannya, kamu bisa gunakan jeruk nipis, nanas, atau larutan soda sebagai pelengkap sabun cuci piring.

Untuk cara yang lebih efektif, kamu bisa pakai pembersih cuci piring yang terbuat dari serat aluminium. Pembersih ini sangat ampuh menghilangkan warna hitam di wajan, Cuma dampak buruknya, ketebalan permukaan wajan menjadi berkurang karena jadi sering terkikis.

Bagikan: 1640 kali