tips cari kamar kos- rumah123.com Ada Sejumlah Tips Bagi Orang Tua Dan Juga Mahasiswa/Mahasiswi yang Sedang Mencari Kamar Kos (Foto: Rumah123/Getty Images)

Ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua dan mahasiswa/mahasiswi saat mencari rumah kos atau properti yang akan disewa selama beberapa tahun ke depan.

Bagi siswa/siswi yang baru saja lulus SMU, tentunya akan memasuki kehidupan baru sebagai mahasiswa dan mahasiswi. Mereka mungkin akan menempuh pendidikan tinggi di kota lain.

Pindah ke kota lain, pastinya orang membutuhkan tempat tinggal, bisa berupa rumah, apartemen, asrama, atau kamar kos. Kalau di Indonesia, biasanya sih menyewa kamar kos. Kos berasal dari bahasa Belanda, in de kost. Lantas kata ini diserap menjadi indekos. Sekarang orang mengenalnya sebagai kos.

Baca juga: Wow, Keren Bener Nih Asrama Mahasiswa Kayak Gini!

Pilihan lainnya adalah menyewa apartemen jika memiliki dana berlebih, tinggal di asrama mahasiswa kalau dana terbatas, atau mengontrak rumah bila memiliki beberapa orang yang sudah dikenal.

Ada sejumlah tips singkat yang bisa dilakukan saat mencari kamar kos di kota yang pastinya terbilang baru atau asing. Misalnya kamu tinggal di Jakarta, namun kemudian memutuskan kuliah di Bandung atau Yogyakarta.

Bisa jadi, calon mahasiswa pernah traveling ke Bandung atau Yogyakarta, namun memilih kos tentunya berbeda dengan mencari kamar hotel.

1. Melakukan Riset Kecil

Hal yang termudah adalah mencari melalui internet. Ada sejumlah situs khusus untuk mencari kamar kos. Kamu bisa membandingkan harga antara situs. Selain itu, kamu bisa melihat kamar, fasilitas, jarak, harga, dan lainnya.

Cara lain adalah mencari tahu kepada saudara atau siapa saja yang pernah kuliah di kota tersebut. Pastinya ada yang bisa bercerita mengenai kota tujuan yang kamu cari.

2. Mencari Tipe Kos

Saat ini, kos sudah berkembang menjadi bisnis. Kalau dulu, kamar kos biasanya berupa kamar-kamar dengan kamar mandi terpisah lantaran rumah tinggal diubah menjadi kos, maka saat ini sudah berubah total.

Banyak yang sudah membangun rumah kos dengan tiga lantai atau lebih sehingga mirip hotel kelas bintang. Biasanya, kamar kos sudah mempunyai kamar mandi sendiri.

3. Melihat Kamar Kos Secara Langsung

Saat menemukan kamar kos yang tepat melalui internet atau meminta saudara untuk mencarikannya, pastikan kamu melihatnya langsung. Apalagi jika kamu berstatus mom and dad yang mencarikan kamar kos untuk putra putri kamu.

Ketika melihat langsung, tentunya kamu bisa mengetahui seberapa bagus kamar kos tersebut. Seberapa dekat bangunan dengan kampus, warung makan, tempat fotokopi, kedai kopi, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

4. Memastikan Kalau Kos Dirawat dengan Baik

Coba cek apakah kamar kos dan bangunan dirawat dengan baik. Apakah kamar mandi, ruang tidur, dan lainnya dirawat dan dibersihkan setiap saat?

Pastinya kamu ingin agar putra putri merasa nyaman saat tinggal. Kamu sebagai orang tua juga tidak perlu khawatir dengan kos yang ditempati putra putri.

5. Memeriksa Keamanan Lingkungan Sekitar

Saat memilih kamar kos, tentunya calon penghuni harus memastikan kalau meninggalkannya tidak perlu khawatir ada maling atau pencuri. Coba cek jendela dan pintu kamar, serta akses rumah lainnya.

Jangan lupakan untuk memeriksa lingkungan sekitar. Kamu tentunya tidak ingin kalau lingkungan sekitar rumah kos merupakan area rawan maling, banyak pemakai narkoba, dan lainnya.

6. Mudah untuk Meningkatkan Fitur Keamanan

Tidak ada salahnya untuk meminta izin kepada pemilik kost kalau kamu ingin memasang fitur keamanan seperti CCTV atau kunci ganda. Siapa tahu kamu dan pemilik kost bisa berbagi alias mau patungan untuk memasangnya.

Hal ini dilakukan untuk pencegahan dari maling. Biasanya, maling memang pandai memanfaatkan situasi saat penghuni pergi ke kampus.

Bagikan: 369 kali