Ruang santai di rumah, bisa outdoor maupun indoor. Foto: Rumah123/Getty

Ruang santai di rumah kamu mungkin sudah saatnya dapat perhatian. Daripada nyantai atau nongkrong di luar rumah yang mengikis isi kantongmu, kenapa gak bikin baru aja ruang santai di rumahmu?

Nyantai di teras atau balkon rumah sendiri sembari baca buku dan minum teh atau kopi saat sore tentunya bikin happy kamu dan keluarga. Yang pastinya sih murmer (murah meriah) lho! Tapi, sesantai-santainya kamu kayaknya kudu deh menempatkan beberapa furnitur di ruang santaimu, paling gak meja dan kursi.

Baca juga: Wiken Gini Enaknya Dandanin Teras Yuk! 

Berikut ini hal apa aja yang bisa jadi fokus kamu saat memperbaharui ruang santai:

Bukan Furniturnya yang Diganti

Nyantai leyeh-leyeh pada akhir pekan di rumah sembari duduk-duduk manis emang asyik kan? Tapi, tren pergantian furnitur biasanya sangat dinamis. Belum lagi harganya yang cukup mahal. Jadi, kalau kamu kepikir ganti furnitur supaya dapat suasana baru, wah… mikir lagi deh!

Kalau tujuannya dapat suasana baru di ruang santai kamu, coba siasati sudut santai ini dengan mengganti aksesori atau dekor di sekitarnya, semisal mengganti karpet dengan motif dan warna baru. Bisa juga dengan menambahkan ornamen baru yang lagi-lagi tak perlu harus berharga mahal.

Dengan motif-motif dan warna ornamen atau aksesori sesuai seleramu, otomatis langkah ini efektif meng-upgrade ruangan santaimu tampak baru dan jadi lebih enak dipandang.

Baca juga: Yuk, Bikin Teras Atap yang Nyaman Buat Bersantai

Ganti Lampu Jadul

Selain karpet, mengganti beberapa ornamen atau elemen interior yang terlihat jadul juga bisa bikin tampilan baru di sudut santaimu. Meski tidak terlalu signifikan, sebuah lampu baru, misalnya, dapat membuat sudut santaimu terlihat lebih modern dan trendy.

Sering Mengganti Sarung Bantal, Alas, dan Selimut Sofa

Kalau ruang santaimu di luar rumah, pilih alas kursi dan sarung bantal yang punya resleting agar kamu mudah melepasnya kalau mau mencucinya. Cuci secara berkala sarung bantal dan alas kursimu. Pada saat mencucinya, kamu bisa sekaligus memperbarui tampilan furniturmu dengan memasang bantal dan alas kursi dengan warna yang berbeda.

Baca juga: Bete Suasana Teras? Coba Pasang Lampu Cantik Berikut Ini!

Jika sarung bantal dan alas kursimu terbuat dari bahan yang gak bisa dicuci, bersihkanlah terlebih dahulu kotoran di permukaannya. Kemudian, gosok dengan lembut menggunakan spons dan sikat lembut dengan campuran air hangat dan sabun cuci yang ringan.

Semprot sofa dengan air, bersihkan sisa sabun, dan jemurlah di bawah sinar matahari langsung. Jemur hingga benar-benar kering agar furniturmu gak malah jadi ditumbuhi jamur.

Tambahkan Tanaman

Kamu juga dapat menambahkan tanaman di ruangan. Selain efektif membuat ruangan jadi lebih hijau, tanaman juga dapat memberikan kesejukan dan kesegaran.

Tambahkan Lukisan

Kamu juga dapat menambahkan lukisan yang kamu gantung di ruang santaimu. Pastikan lukisan tersebut tampak proposional dengan besaran sofa dan luas ruangan.

*

Bagikan: 867 kali