membersihkan dan merapikan rumah- rumah123.com Saat Liburan Natal dan Tahun Baru, Kamu Bisa Mengisinya dengan Membersihkan dan Merapikan Rumah (Foto: Rumah123/Getty Images)

Tidak selamanya kamu dan keluarga melakukan traveling saat liburan. Tidak ada salahnya untuk membersihkan dan merapikan rumah.

Libur telah tiba. Bagi yang kamu sudah menjadi mom and dad, serta memiliki putra putri biasanya akan meluangkan waktu untuk melakukan traveling, umroh, dan lainnya untuk mengisi liburan.

Namun, ada banyak cara untuk mengisi liburan Natal dan Tahun Baru. Kamu bisa melakukan beragam hal yang produktif di rumah. Salah satunya adalah membersihkan dan merapikan rumah.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Membersihkan dan Merapikan Garasi

Rumah kamu pastinya sudah semakin penuh dengan barang. Saatnya, kamu dan keluarga untuk menyortir barang yang ada di rumah.

Kalau barang sudah bertumpuk, tentunya kamu dan keluarga tidak bisa tinggal dengan nyaman. Yuk, bersih dan rapikan rumah saat liburan.

1. Menyortir Pakaian yang Ada di Lemari

Ada berapa banyak pakaian yang ada di lemari. Pastinya ada baju, celana, kaos, kemeja, kaos kaki, atau apa pun yang sudah jarang dipakai. Kalau pakaian itu dikenakan saat waktu tertentu seperti jas, gaun pesta, dan lainnya, maka kamu bisa menyimpannya.

Lantas bagaimana dengan yang lain? Kalau ada baju yang sudah terlalu kecil, kamu bisa menentukan apakah akan diberikan ke orang lain, dijual layaknya preloved, atau didonasikan ke panti asuhan.

Sebenarnya, kamu harus membiasakan saat membeli pakaian baru, maka kamu harus menyingkirkan satu pakaian lama. Hal ini harus dilakukan agar pakaian tidak menumpuk.

Sebenarnya, tidak hanya pakaian, tetapi juga sprei, handuk, dan lainnya juga pasti bertumpuk. Bisa jadi kamu memiliki handuk dan sprei yang sebenarnya tidak dipakai lagi.

2. Merapikan Mainan Anak

Biasanya orang tua akan membelikan mainan secara berkala. Coba tengok berapa banyak mainan yang sudah rusak atau tidak lagi dimainkan? Jika mainan tersebut sudah rusak, sudah seharusnya kamu membuangnya.

Anak laki-laki mungkin akan menyimpan mainan seperti mobil, pesawat, lego, dan lainnya. Kamu bisa membuat penyimpanan yang menarik agar koleksi mainan terlihat rapi.

Begitu juga dengan anak perempuan. Mungkin ada sejumlah boneka yang disukainya. Anak perempuan kamu akan menyimpan, bahkan hingga saat dia besar. Namun, jika dia tidak memainkannya lagi, mungkin boneka tersebut bisa disumbangkan ke tetangga, sepupu, atau panti asuhan.

Kalau ada mainan yang masih bagus dan bisa dijadikan pajangan, kamu bisa berkreasi dengan membuat lemari pajangan. Kamu bisa juga menaruhnya di dinding sehingga mempercantik ruangan.

3. Membersihkan dan Merapikan Garasi

Sering kali orang menjadikan garasi menjadi gudang lantaran memang tidak memiliki ruang penyimpanan. Kamu akan menaruh sejumlah barang yang tidak lagi terpakai.

Tengok saja mungkin ada kardus sepatu, sandal lama, karton bekas, dan beragam benda yang sudah seharusnya dibuang. Kamu harus membereskan garasi dengan segera.

Garasi yang berantakan bisa menjadi tempat tikus dan binatang serangga untuk bersembunyi. Apalagi belakangan juga sedang musim kemunculan ular. Jangan sampai ular masuk dan bersembunyi digarasi.

Sebaiknya garasi hanya untuk menaruh mobil, motor, sepeda, dan peralatan perkakas lainnya. Jangan sampai ada benda tidak terpakai di garasi.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: 10 Cara Mudah Membersihkan Tempat Penyimpanan dari Plastik

Bagikan:
303 kali