Kutu Kasur Sering Ditemukan di Bagian Pinggir Kasur (Foto: Rumah123/Bed Bug Guide)

Setelah bangun tidur, kamu merasa gatal-gatal di kulit seperti habis digigit? Nah, selamat ya kalau kamu punya teman bobo bernama kutu kasur alias kutu busuk atau tungau. Yuk, kenalan dulu dengan binatang kecil ini sebelum membasminya.

Kutu kasur adalah salah satu serangga yang menjadi penghuni rumah, selain kecoa, semut, kalajengking, dan lainnya. Ukurannya kecil hanya sekitar 5 mm saja. Makanya, binatang ini memang sulit dilihat, meski sering meninggalkan jejak berupa kulit.

Hewan kecil memang amat sangat mengganggu, apalagi soal gigitannya. Kutu kasur menggigit karena ingin menghisap darah manusia.

Baca juga: Siapa yang Mau Bobo Siang di Sini?

Nah, saat kutu kasur ini menggigit, bisa jadi kamu tidak merasakan. Sebenarnya ada yang merasa, ada yang tidak. Setelah itu, kamu akan merasakan gatal, bahkan terjadi ruam.

Kutu kasur menyukai daerah yang hangat. Kasur menjadi salah satu destinasi favorit mereka. Makanya, kutu kasur sering ada di kasur terutama pada bagian lipatan, kaki tempat tidur, headboard, dan lainnya.

Saat berada di area hangat, kutu kasur bisa bertelur antara tiga sampai empat, per hari lho. Sepanjang umurnya yang hanya empat sampai enam bulan, kutu kasur bisa mengeluarkan 500 telur. Alamak produktif banget ya.

Baca juga: Produsen Kasur Ini Sediakan Ranjang untuk Karyawan yang Ingin Tidur Siang di Kantor!

Hewan ini memang harus dibasmi secepatnya. Saat menemukan area yang hangat, kutu kasur akan berkembang biak.

Kutu kasur ini bukan tergolong hewan nocturnal atau hewan yang mencari mangsa di malam hari dan tidur di siang hari. Namun, hewan ini memang aktif pada malam hari untuk mencari makan, dalam hal ini mengisap darah manusia. Jangan heran kalau kamu merasa gatal saat bangun tidur.

Nah, cukup sekian dulu perkenalan dengan kutu kasur. Dalam artikel berikutnya, bakal diulas mengenai hal yang mesti diketahui serta cara penanggulannya.

Baca juga: Ranjang Raksasa Ini Bisa Bikin Tidur Kamu Semakin Nyenyak Lho

Bagikan: 2244 kali