Kamu Harus Rutin Mengganti Barang-barang yang Ada di Dalam Kamar Mandi Seperti Handuk, Keset, Tirai, Sikat Gigi, Shower Pouf, Sikat Kamar Mandi, Spons Pembersihm dan Lainnya Secara Berkala (Foto: Rumah123/Getty Images)

Hidup sehat dimulai dari rumah. Kamu bisa memulainya dengan mengganti barang-barang yang digunakan di kamar mandi secara berkala. Penggantian sikat gigi tentunya berbeda jangka waktunya dengan handuk. Jadwalnya memang berbeda-beda.

Pastinya kamu ingin hidup sehat setiap saat. Siapa sih yang mau sakit? Nah, untuk itu kamu harus terbiasa hidup sehat dari rumah.

Salah satu yang harus kamu perhatikan adalah barang-barang yang ditempatkan di kamar mandi seperti sikat gigi, sisir, alat pencukur kumis jenggot, handuk, keset kamar mandi, spons  sabun, sikat kamar mandi, dan lainnya.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: 5 Cara Bikin Rumah Rapi dalam 5 Menit Doang

Peralatan ini harus diganti secara berkala. Situs gaya hidup dan desain Apartment Therapy memberikan petunjuk berapa lama barang-barang tersebut harus diganti.

Kamu harus mengganti handuk mandi saat kainnya tidak lagi menyerap air. Perhatikan serat kainya, kalau sudah jelek, kamu harus segera mengantinya. By the way, kamu harus mencuci handuk setidaknya 3-4 hari sekali ya.

Keset kamar mandi sebaiknya diganti setiap dua tahun sekali. Usai dari kamar mandi, kamu pastinya mengeringkan kaki dengan keset. Perhatikan deh kainnya, apakah sudah memudar? Kamu harus menggantinya secara rutin.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: 5 Cara Bikin Rumah Rapi dalam 5 Menit Doang

Tirai kamar mandi harus diganti ketika sudah mulai rusak. Sebenarnya sih tirai kamar mandi didesain anti air. Kalau pun terlihat jelek, itu karena terkena air dan sisa sabun yang menempel. Kamu bisa membersihkannya dari noda sabun setiap satu dua pekan sekali.

Buat kaum Adam, jangan lupa mengganti cukur kumis jenggot setelah 5-7 kali pemakaian. Pisau tidak lagi tajam dan bisa menimbulkan iritasi pada kulit.

Shower pouf malah harus diganti lebih sering. Setidaknya kamu harus menggantinya setiap tiga pekan sekali. Wah, sering juga ya. Tetapi, benda ini sering dipakai ketika mandi. Kamu mandi dua kali dalam sehari kan?

Baca juga: Tips Bersih Rumah: 2 Hal yang Bikin Handuk Jadi Bau

Bagaimana dengan sikat gigi? Menurut riset, sebaiknya sikat gigi diganti setelah tiga empat bulan. Setelah itu, biasanya sikat gigi tidak lagi nyaman dipakai.

Spon pembersih dinding, lantai, atau sanitary wares juga harus diganti rutin. Setelah satu bulan, segera ganti spon pembersih dinding.

Lantas bagaimana dengan sikat kamar mandi? Selama sikat masih berfungsi baik, ya gunakan saja. Kecuali bulu sikat sudah mulai copot, ya kamu harus segera menggantinya.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: Kenalan Dulu Dong dengan Kutu Kasur

Bagikan: 652 kali