membersihkan mesin cuci- rumah123.com Mesin Cuci Digunakan Setiap Hari. Sebaiknya Kamu Juga Rutin Membersihkan Mesin Cuci Secara Berkala (Foto: Rumah123/Getty Images)

Mesin cuci adalah peralatan rumah tangga yang seharusnya juga harus dibersihkan. Bagaimana pakaian mau bersih kalau mesin cuci malah kotor?

Banyak yang tidak menyadari bahwa sejumlah peralatan rumah tangga atau peralatan kebersihan juga harus bersih. Kain pel atau sapu harus bersih lantaran dipakai untuk membersihkan rumah.

Kamu ingin lantai rumah bersih, tetapi kain pel dan sapu malah kotor? Kalau kotor, tentunya rumah tidak menjadi bersih melainkan tambah kotor.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: 5 Cara Mudah Membersihkan Lantai Kayu

Begitu juga dengan mesin cuci. Kamu menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian, sprei, selimut, handuk, dan lainnya.

Mesin cuci dipakai setiap hari. Bagi kamu yang memiliki putra putri yang masih bersekolah, jumlah cucian biasanya banyak sehingga kamu harus mencuci pakaian setiap hari.

Tentunya, kamu ingin anggota keluarga hidup sehat dengan mengganti pakaian secara rutin, menggunakan handuk hanya dua tiga hari, dan tidur di atas sprei yang diganti satu pekan sekali.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: 4 Cara Cepat Membereskan Rumah

Begitu juga saat pergi. Kamu hanya mengenakan pakaian satu kali setiap pergi ke luar rumah atau berganti pakaian usai mandi.

Nah, banyaknya cucian pakaian membuat mesin cuci dipakai setiap hari. Seharusnya, mesin cuci juga dibersihkan.

Situs properti Realestate.com.au memberikan lima cara membersihkan mesin cuci yang efektif. Realestate.com.au merupakan situs milik REA Group yang juga induk perusahaan dari laman properti Rumah123.com.

5 Langkah Mudah Membersihkan Mesin Cuci

Realestate.com.au mengutip pernyataan Michael Brooke, pakar kebersihan. Brooke membagikan lima tips untuk membersihkan mesin cuci. Dia merekomendasikan proses ini dilakukan setiap beberapa bulan sekali agar mesin cuci tetap dalam kondisi bersih.

1. Memasukkan satu (1) cangkir soda bikarbonat ke dalam mesin cuci.

2. Menambahkan satu (1) cangkir cuka ke dalam mesin cuci

3. Mengatur mesin cuci berputar dalam satu putaran dengan memilih fitur mencuci dengan air hangat

4. Membersihkan mesin cuci secara manual membersihkan sisa noda

5. Mengatur mesin cuci berputar sekali lagi untuk pembersihan akhir

Soda bikarbonat dan cuka merupakan kombinasi ampuh untuk pembersih. Sisa-sisa deterjen yang masih menempel pada mesin cuci dapat hilang.

Brooke sering menggunakan dua material ini untuk membersihkan sejumlah peralatan rumah tangga. Kamu bisa ikut mencobanya di rumah.

Yang tidak boleh terlupa adalah bagian lain selain tempat mencuci dan juga tempat pengering jika terpisah. Ada sisa-sisa kotoran, sabun, dan lainnya yang mungkin menempel. Deterjen akan meninggalkan bekas, begitu juga sisa kotoran dari keringat dan lainnya.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: 5 Barang yang Sebaiknya Tidak Disumbangkan

Tidak boleh terlewatkan lainnya adalah bagian luar mesin cuci. Sisa sabun dan kotoran juga menempel pada bagian luar. Pastinya mesin cuci kotor tidak enak dipandang mata.

Lakukan pembersihan ini secara berkala atau saat kamu melihat mesin cuci sudah mulai kotor, waktunya untuk membersihkannya. Jangan lupa untuk menyiapkan sejumlah alat pembersih seperti lap, sikat kecil, dan lainnya.

Bagikan: 2614 kali