Ada Dua Hal yang Membuat Handuk Menjadi Bau Yaitu Pertama, Tidak Mengeringkan Secara Benar. Kedua, Terlalu Banyak Penggunaan Deterjen. (Foto: Rumah123/Getty Images)

Handuk berpotensi mengeluarkan bau tidak sedap. Wajar saja sih karena handuk digunakan secara reguler. Ada dua hal yang bisa membuat handuk menjadi bau yaitu tidak kering dan terlalu sering terkena deterjen.

Kamu mandi minimal dua kali dalam sehari. Setelah mandi, kamu menggunakan handuk untuk mengeringkan tubuh.

Usai beberapa hari, handuk akan menjadi kotor dan lembab. Saat inilah, kamu akan mengganti handuk yang sudah dipakai dengan yang baru.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: 5 Cara untuk Menyortir Pakaian di Lemari

Saat kamu ingin memakai handuk yang baru, kamu malah mencium bau tidak sedap. Padahal kamu sudah mencuci handuk, merendamnya dengan cairan pewangi dan pelembut, kemudian menyeterikanya dengan menyemprotkan cairan pewangi. Tetapi, kenapa handuk masih bau?

Handuk bau merupakan masalah umum. Situs properti Realestate.com.au memaparkan kalau ada dua penyebab kenapa handuk menjadi bau. Realestate.com.au merupakan situs REA Group Australia yang menjadi induk dari Rumah123.com.

Pertama, handuk tidak dikeringkan secara benar. Lama kelamaan, bau akan muncul dari handuk. Jadi kamu harus mengeringkan handuk secara baik.

Baca juga: Ganti Handuk Seminggu Sekali Tandanya Kamu Jorok

Kedua, penyucian secara berkala alias dalam waktu yang sering. Kamu menggunakan deterjen dan juga cairan pelembut kain.

Efeknya ada pada penyerapan kain. Meskipun kamu memasukkan handuk ke dalam mesin cuci, bau yang melekat pada handuk tidak hilang.

Nah, kamu sudah tahu kan apa yang menjadi penyebab kenapa handuk kamu menjadi bau. Jadi tidak perlu bingung lagi saat mengambil handuk dari lemari, eh malah handuknya bau.

Baca juga: Tips Sehat di Rumah: Ingat Ya, Handuk Harus Diganti Setelah 2 Tahun

Kalau sudah tahu penyebab handuk menjadi bau, waktunya kamu melakukan pencegahan supaya hal ini tidak terulang lagi. Ada cara mudah untuk menghilangkannya.

Kamu harus mengeringkan handuk dengan benar. Kalau bisa kamu menjemurnya di bawah sinar matahari. Gampang kan?

Bagikan: 5195 kali