tips beli rumah- rumah123.com Ilustrasi Kota Kecil. Situs Propert Realtor.com Memberikan Tips Bagi Generasi Milenial Untuk Membeli Rumah di Kota Kecil Lantaran Harganya Masih Terjangkau (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kamu ingin membeli rumah dengan harga terjangkau, saatnya generasi milenial mulai melirik hunian yang berlokasi di kota kecil.

Situs properti Realtor.com mengulas lewat sebuah artikel terbarunya bertajuk The Hottest Markets in August Include Some You’ve Never Heard Of pada 12 September 2019.

Realtor.com merupakan situs properti di Amerika Serikat. Laman ini berada di bawah naungan REA Group Australia, seperti halnya Rumah123.com, situs properti Indonesia.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 4 Cara Mencari Tahu Lingkungan Sekitar Rumah Aman

Dalam artikel ini, Realtor.com mengulas mengenai pasar properti di Amerika Serikat. Sejumlah kota kecil atau area sub urban dari sebuah metropolitan mulai tumbuh pesat.

Sejumlah kota ini tidak terlalu dikenal dan bahkan sulit ditemukan di peta. Namun, kota-kota ini menawarkan hunian yang lebih murah dan terjangkau. Hunian ini menjadi alternatif dibandingkan properti di kota besar yang jauh lebih mahal.

Director of Economic Research Realtor.com Javier Vivas berujar, “Pasar properti di kota kecil dengan harga yang rendah terus berkembang dengan sangat menarik.”

Baca juga: Tips Beli Rumah: 3 Hal yang Harus Dilakukan Usai Cek Kondisi Rumah

Pertumbuhan ekonomi lokal membuat industri berkembang. Karyawan baru dibutuhkan. Ekonomi setempat pun tumbuh.

Di Amerika Serikat, banyak kota kecil yang tumbuh pesat. Sejumlah generani milenial pun hengkang dari kota besar untuk pindah ke kota yang lebih kecil.

Waktunya Mencari Properti di Luar Jabodetabek

Kalau kamu merupakan pekerja yang baru merintis karier atau baru memulai usaha, saatnya untuk melirik daerah penyangga di luar Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Harga hunian di luar kawasan ini biasanya masih terjangkau.

Kamu bisa melirik hunian di Cikarang atau Karawang, dibandingkan Bekasi yang tentunya lebih mahal. Cikarang bisa menjadi pilihan lantaran sudah terkoneksi dengan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line.

Jangan lupa kalau kawasan Bekasi nantinya akan terkoneksi dengan LRT (Light Rail Transit/Lintas Rel Terpadu) Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi).

Baca juga: Tips Beli Rumah: 7 Tanda Harga Rumah Kamu Bakal Naik

Jika kamu membidik hunian di Tangerang Selatan atau Tangerang, bisa dipastikan kemampuan dompet kamu terbatas. Waktunya melirik kawasan seperti Maja, Cikupa, Tiga Raksa, atau Parung Panjang. Jaraknya memang lebih jauh, namun lokasi ini sudah terhubung dengan KRL Commuter Line.

Begitu juga jika kamu masih melirik Depok dan Bogor, alihkan pencarian properti ke Citayam dan Cibinong. Kawasan ini memiliki koneksi KRL Commuter Line. Ingat juga, kalau nantinya LRT Jabodebek juga akan segera dibangun.

Pastikan saat mencari rumah, hunian ini berlokasi tidak terlalu jauh dari stasiun KRL Commuter Line atau rencana stasiun LRT. Hal ini untuk memudahkan konektivitas.

Melirik Kota-kota Lain di Indonesia

Bagi generasi milenial yang doyan traveling dan suka dunia baru, kenapa tidak mencoba untuk tinggal di kota lain selain Jabodetabek. Surabaya dan sekitarnya juga memiliki kawasan metropolitan yaitu Gerbang Kertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan).

Medan juga memiliki Medibangro (Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo). Belum lagi ada Bandung, Makassar, Denpasar, Makassar, Batam, Semarang, Yogyakarta, dan lainnya.

Kota-kota ini tengah berkembang menjadi kota sangat besar. Peluang berkarier atau memulai usaha masih terbuka. Waktunya kamu untuk melirik karier dan bisnis di sederetan kota ini. Mungkin harga properti di kota-kota ini masih terjangkau dengan kemampuan kantong kamu.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Kunjungi Marketing Gallery Atau Show Unit Setiap Pekan

Bagikan: 1523 kali