Saat Membeli Rumah, Ada Sejumlah Hal yang Perlu Diperhatikan Yaitu Fasilitas yang Tidak Diperlukan. Kamu Tidak Perlu Rumah dengan Halaman Luas, Dekat dengan Pusat Bisnis dan Sekolah, Bertingkat dan Punya Kamar Banyak (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kamu ingin membeli rumah dengan harga murah. Pastikan kalau lima fasilitas ini tidak ada dalam hunian yang akan dibeli.

Saat kamu ingin membeli hunian, pastinya ada sejumlah fasilitas yang harus ada. Namun, ada juga fasilitas yang sebenarnya kamu tidak perlukan.

Adanya fasilitas atau fitur ini tentunya membuat harga rumah tapak yang dibeli menjadi lebih mahal. Padahal ada fasilitas yang sesungguhnya tidak kamu butuhkan.

Sebelum membeli rumah, tentunya kamu harus memeriksa terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan. Kemudahan, fasilitas, atau fitur yang memang diperlukan seperti dekat supermarket, punya akses internet, dan lainnya.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Coba Deh Cek Lokasi Rumah Saat Malam Hari

Namun, ada juga sejumlah fasilitas yang tidak dibutuhkan seperti halaman yang luas, lokasi dekat pusat bisnis, sekolah yang bagus, rumah bertingkat, dan rumah dengan jumlah kamar banyak.

Situs properti Realtor.com memaparkan kenapa lima hal ini membuat harga rumah menjadi lebih mahal. Padahal mungkin kamu tidak membutuhkannya.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 6 Kebiasaan Orang yang Sukses Beli Properti

 

Halaman yang Luas

Kalau memiliki halaman yang luas dengan rumput hijau dan tanaman yang rindang tentunya menyenangkan. Rumah akan terasa lebih indah dan nyaman.

Biasanya pemilik rumah sebelumnya akan mematok harga mahal jika hunian memiliki sejumlah kelebihan, salah satunya halaman luas.

Tetapi, juga kamu tidak membutuhkan rumah dengan halaman yang luas, maka sebaiknya mencari rumah dengan halaman lebih kecil.

 

Lokasi Dekat dengan Pusat Bisnis

Rumah dekat dengan pusat bisnis atau central business district (CBD) tentunya menjadi impian bagi mereka yang bekerja. Lain cerita jika kamu merupakan pekerja lepas (freelancer), pensiunan, atau memiliki usaha sendiri.

Sebagai pekerja lepas, kamu tidak membutuhkan akses dekat dengan kantor atau transportasi massal. Namun, kamu memang membutuhkan akses internet yang bagus.

Begitu juga kalau kamu sudah pensiun atau mempunyai bisnis sendiri. Kamu tidak membutuhkan rumah dekat pusat bisnis. Biasanya pensiunan mencari hunian yang tenang.

 

Sekolah yang Bagus

Buat apa punya rumah dekat dengan sekolah kalau putra putri kamu sudah kuliah atau bekerja? Atau ada juga orang yang berencana tidak memiliki anak.

Biasanya pemilik rumah akan mematok harga jual yang mahal kalau lokasi rumah dekat dengan sekolah yang bagus terutama sekolah swasta. Banyak orang mencari rumah dekat dengan sekolah.

Jika putra putri sudah kuliah atau bekerja, tentunya kamu tidak memikirkan lagi rumah dekat dengan sekolah. Apalagi kalau dalam radius sangat dekat, tentunya rumah kamu bisa berada dalam lokasi yang macet dan juga punya potensi bising.

 

Rumah Bertingkat

Rumah bertingkat biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan rumah satu lantai. Jika kamu hanya membutuhkan rumah satu lantai, kenapa harus membayar lebih mahal?

Masalah lainnya adalah jika rumah bertingkat, ada orang yang kurang terbiasa untuk naik turun tangga. Jadi ini perlu diperhatikan ya.

Belum lagi soal pemeliharaan rumah. Saat rumah lebih besar, tentunya kamu membutuhkan biaya, tenaga, dan waktu ekstra untuk membersihkan rumah.

 

Kamar yang Banyak

Jika memiliki rumah yang besar tentunya memang keren. Rumah kamu akan terlihat megah, mewah, dan memiliki ruang dalam jumlah banyak.

Tetapi apakah kamu membutuhkan ruang tidur untuk tamu, perpustakaan, ruang kerja besar, ruang entertainment, dan lainnya? Coba untuk berpikir ulang.

Kalau tidak, beli saja rumah dengan jumlah ruangan yang cukup. Tidak perlu membayar mahal untuk itu. Belum lagi, kamu membutuhkan biaya, waktu, dan tenaga ekstra saat membersihkan rumah.

Bagikan: 5093 kali