Tips Beli Rumah- Rumah123.com Saat Generasi Milenial Membeli Hunian Sebaiknya Memilih Kemudahan Transportasi Lantaran Bisa Menghemat Waktu Saat Menuju Ke Tempat Beraktivitas Dan Juga Dapat Menghemat Biaya Transportasi (Foto: Rumah123/Getty Images)

Saat kamu beli rumah, mana yang kamu pilih lokasi yang strategis atau kemudahan transportasi alias konektivitas. Mungkin banyak yang memilih lokasi, tetapi sebaiknya kamu memilih konektivitas.

Lokasi, lokasi, lokasi. Hal inilah yang menjadi jualan para perusahaan pengembang saat memasarkan hunian mereka.

Okelah, kamu membeli hunian di pusat kota, namun untuk mencapai tempat kerja, sekolah anak, rumah sakit, restoran, pusat perbelanjaan lainnya, kamu membutuhkan waktu lama.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Kalau Pelihara Hewan

Apalagi untuk tempat kerja, bayangkan kalau kamu tinggal di Jakarta namun membutuhkan waktu dua jam untuk sampai ke kantor. Kamu sudah tahu kan mengenai kemacetan di Jakarta?

Bandingkan kalau kamu tinggal di Bekasi, Tangerang, atau Depok. Kamu hanya memerlukan waktu kurang dari satu jam menggunakan kereta rel listrik (KRL) commuter line untuk menuju ke kantor.

Lokasi Vs Kemudahan Transportasi, Mana yang Harus Dipilih?

Jadi kalau kamu membandingkan hal ini, mana yang sebaiknya kamu pilih, apakah lokasi strategis atau kemudahan transportasi atau konektivitas?

Baca juga: Tips Beli Rumah: 6 Kebiasaan Orang yang Sukses Beli Properti

Pakar lebih menyarankan milenial untuk memilih kemudahan transportasi

“Kalau saya ditanya soal generasi milenial memilih yang mana, saya bukan generasi milenial. Tetapi, saya pikir sebaiknya mereka memilih konektivitas,” ujar Head of Research JLL Indonesia, James Taylor saat menjawab pertanyaan Rumah123.com.

“Kalau saya harus memilih membeli hunian di pusat kota atau kawasan bisnis (central business district), saya akan memilih kawasan sub urban untuk menemukan hunian yang lebih besar. Saya bisa mendapatkan hunian yang lebih besar dengan harga yang sama,” lanjut Taylor.

Logikanya sih sederhana saja sih. Kamu bekerja di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta, namun membutuhkan waktu dua jam untuk pergi ke kantor atau pulang ke rumah kamu yang berada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Masih mau seperti ini?

Baca juga: Tips Beli Rumah: Saatnya Cari Hunian Murah Tanpa 5 Fasilitas Mahal

Sementara kalau kamu bekerja di kawasan yang sama, namun tinggal di kawasan pinggiran, kamu bisa mengirit waktu lantaran bisa menggunakan transportasi massal seperti commuter line. Nah, kamu pilih yang mana?

Kalau kamu tinggal di Parung Panjang, Bogor, Jawa Barat, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 50-55 menit untuk sampai ke Stasiun Sudirman. Sekedar informasi, Parung Panjang ini dekat dengan Serpong, Tangerang.

Saat ini, KRL commuter line sudah menjangkau Bogor, Cikarang, Bekasi, Tangerang, Maja, Tigaraksa, dan lainnya. Jaraknya memang jauh, tetapi kamu hanya membutuhkan waktu satu jam untuk sampai ke pusat kota Jakarta.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 3 Cara Cari Rumah Murah Pada 2019

Nyatanya, kemudahan transportasi juga bisa membuatmu lebih hemat

Bayangkan juga kalau MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu) dan LRT (Light Rail Transit/Lintas Rel Terpadu) terus menambah jaringan. Lantas keduanya terintegrasi dengan KRL commuter line dan juga bus Transjakarta. Kamu memiliki kemudahan transportasi untuk beraktivitas.

Jangan lupa juga kalau kemudahan transportasi ini membuat kamu bisa berhemat banyak. Kamu bisa mengalihkan biaya transportasi untuk cicilan rumah.

Bagikan: 1441 kali