Tips Beli Rumah- Rumah123.com Ilustrasi Ruang Tamu di Sebuah Rumah. Ada Tips Saat Membeli Rumah yang Bisa Diterapkan oleh Generasi Milenial Yaitu Mengunjungi Marketing Gallery Atau Show Unit Perusahaan Pengembang yang Berbeda Setiap Pekan Agar Bisa Mendapatkan Informasi (Foto: Rumah123/Getty Images)

Banyak cara untuk memotivasi seseorang untuk membeli rumah. Salah satunya adalah rajin mengunjungi marketing gallery atau show unit perusahaan pengembang setiap pekan.

Saat mulai ingin membeli rumah atau apartemen, kamu mulai untuk menabung uang muka atau down payment (DP) dengan menyisihkan penghasilan. Penghematan pun dilakukan dengan mengurangi pengeluaran gaya hidup atau lifestyle.

Situs properti Realtor.com memberikan sejumlah tips bagaimana seseorang bisa sukses membeli properti. Ada kebiasaan yang harus dilakukan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Saatnya Cari Hunian Murah Tanpa 5 Fasilitas Mahal

Kebiasaan mingguan yang harus dilakukan adalah mengunjungi open house. Kalau di negara-negara Barat, hal biasa kalau ada lelang rumah, tetapi di Indonesia memang jarang kecuali lelang rumah yang disita oleh negara.

Yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi marketing gallery atau show unit. Sementara untuk mendatangi pameran perumahan tidak mungkin karena biasanya dilangsungkan tidak setiap pekan.

Realtor.com menyatakan kalau seseorang memiliki kebiasaan untuk mencari hunian secara rutin, maka dia bisa termotivasi untuk menabung dan kemudian mencari properti idaman.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 3 Cara Cari Rumah Murah Pada 2019

Kamu juga akan semakin pintar untuk memahami pasar properti, lokasi hunian, dan banyak lagi. Kamu juga bisa mulai membandingkan satu proyek dengan proyek lainnya.

Sebenarnya, kamu memang bisa mencari rumah melalui portal property atau marketplace property, namun tidak ada salahnya untuk melihat show unit atau proyek hunian yang sudah jadi. Kamu bisa membayangkan kalau sudah tinggal di kawasan ini, kamu bisa melakukan apa saja.

Kamu bisa mencari tahu di mana letak sekolah, rumah sakit, hotel, pusat perbelanjaan, akses jalan, hingga kemudahan transportasi. Saat mendatanginya, kamu bisa memiliki bayangan yang pasti mengenai tinggal di sebuah kawasan.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Pilih Lokasi Atau Kemudahan Transportasi?

Mungkin awalnya kamu membidik rumah di area Tangerang Selatan. Kamu sudah mendatangi beberapa marketing gallery atau show unit perusahaan pengembang dan mendapatkan insight mengenai proyek mulai dari spesifikasi rumah, lokasi, fasilitas, dan lainnya.

Tidak ada salahnya juga, kamu mencari rumah di kawasan yang dekat misalnya Tangerang. Coba bandingkan dua kawasan ini, mungkin ada insight baru yang didapatkan. Siapa tahu kamu memperoleh informasi mengenai rumah yang lebih menarik.

Selanjutnya, tidak ada salahnya untuk melakukan pencarian yang lebih berbeda di Depok, Bogor, Bekasi, dan lainnya. Mungkin sebelumnya, kamu bisa melakukan pencarian secara online mengenai proyek hunian. Biasanya, developer besar memiliki proyek besar di kota-kota penyangga Jakarta ini.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 4 Faktor Yang Pengaruhi Harga Rumah

Setelah menemukan proyek yang menarik, datangi saja marketing gallery atau show unit-nya. Kamu bisa mendapatkan insight baru mengenai hunian tersebut. Kamu bisa membandingkan kalau Depok, Bogor, atau Bekasi punya kelebihan dibandingkan Tangerang dan Tangerang Selatan.

Jika kamu tidak melakukan pencarian seperti ini, kamu tidak bisa menemukan pembanding yang tepat. Yuk, luangkan waktu untuk mencari properti setiap pekan.

Bagikan: 978 kali