Ilustrasi Rumah (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Saat kamu ingin membeli sesuatu termasuk rumah, pastinya kamu ingin mendapatkannya dengan harga yang sesuai dong. Kalau bisa sih, kamu akan menawar harganya. Kamu bisa menawar harga rumah saat membeli lho.

Hal yang wajar kalau kamu mau menawar sesuatu ketika membelinya termasuk rumah. Situs Realtor memberikan empat tips kalau ingin menawar harga lebih rendah.

Pertama, pasar pembeli atau pasar penjual. Jika kamu dalam posisi berada di pasar pembeli, maka jumlah rumah lebih banyak yang dipasarkan. Begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Jangan Beli Hunian Sebelum Tahu Soal Polusi Suara

Kalau kamu dalam posisi pasar pembeli ini, kamu punya kesempatan untuk menawar harga lebih rendah. Hal ini bisa terjadi karena banyak rumah yang mau dijual sementara pembelinya tidak terlalu banyak.

Kedua, berapa lama rumah dipasarkan. Kamu harus mencari berapa lama rumah tersebut dipasarkan, apakah baru sebulan, setahun, atau lebih.

Jika rumah sudah lama dipasarkan, katakanlah hampir setahun, kamu bisa bernegosiasi meminta pengurangan harga. Bisa jadi penjual akan melepaskannya.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Apa Sih Keuntungan Beli Rumah Yang Ada Rayapnya

Ketiga, harga rumah dibandingkan harga rumah lain di kawasan yang sama. Coba cari tahu rumah lainnya yang sedang dipasarkan di daerah sekitar.

Yang nggak boleh lupa, kamu harus memerhatikan posisi jalan, fasilitas, jumlah lantai, luas rumah, dan lainnya saat membandingkan harga rumah-rumah tersebut.

Keempat, seberapa besar keinginan kamu untuk membeli rumah tersebut. Kalau kamu sudah jatuh cinta dengan rumah tersebut, mungkin kamu tetap akan menawar rumah tersebut.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Ga Usah Takut Kalau Beli Rumah yang Atapnya Rusak

Namun, pastikan kamu menawarnya dengan harga yang masih masuk akal. Jangan sampai penjual tidak menerimanya lantaran harga terlalu rendah.

Buat kamu yang ingin membeli rumah second, sederetan tips ini bisa dicoba lho. Saatnya kamu punya rumah lho.

Bagikan: 1562 kali