Ilustrasi Rumah Dengan Material Kayu (Foto: Rumah123/Apartment Therapy)

Saat kamu membeli properti tentunya kamu ingin membeli yang terbaik. Namun, ternyata ada keuntungannya lho kalau kamu membeli rumah yang ada rayapnya. Lho, kok bisa?

Kamu sedang berburu rumah impian. Kebetulan, kamu menemukan rumah second yang pas dengan kemampuan membayar.

Namun, saat kamu melakukan pengecekan menyeluruh terhadap rumah, kamu menemukan kalau ada rayap yang menggerogoti material kayu yang ada dalam rumah. Lantas bagaimana dong?

Baca juga: Cara Tepat Lindungi Furnitur dari Rayap

Situs properti Realtor memberikan saran kalau ada keuntungan membeli properti yang memiliki masalah rayap. Padahal rayap ini bisa bermasalah ya, tetapi kenapa bisa begitu.

Agen properti, Trey McCallie menyatakan kalau konsumen yang membeli rumah dengan masalah rayap sebenarnya tidak masalah selama rayap tidak merusak lantai kayu (parket) atau menggerogoti pondasi rumah.

McCallie merupakan principal dari Urban Toolbox Real Estate di Lexington, Amerika Serikat. Dia melanjutkan kalau konsumen tidak perlu risau selama tahu masalah rayap berada di mana.

Baca juga: Inilah Cara Mengalahkan Rayap

Sementara Randy Mintz, agen properti lainnya menyatakan hal ini bisa menjadi peluang bagi konsumen untuk meminta potongan harga. Mintz merupakan agen yang bekerja di R.E. Shilow Realty Investors di Baltimore, AS.

“Secara umum, saya akan menyarankan kepada klien untuk melanjutkan transaksi dan membeli rumah dengan masalah kerusakan oleh rayap, tetapi gunakan hal ini sebagai peluang untuk bernegosiasi soal harga,” ujar Mintz kepada Realtor.

Hmm, masuk akal juga kan sarannya. Kamu bisa meminta pengurangan harga. Nah, uangnya bisa kamu gunakan untuk mengganti material kayu yang dirusak rayap plus melakukan penyemprotan anti rayap. Nggak perlu khawatir lagi deh soal rayap.

Baca juga: Awas, Rayap Bisa Merusak Material Kayu di Rumah Kamu!

Bagikan: 704 kali