Generasi Milenial Memiliki Banyak Keuntungan Kalau Membeli Hunian Sejak Usia 20-an (Foto: Rumah123/Apartment Therapy)

Banyak alasan yang dilontarkan oleh generasi milenial saat mereka ditanya kapan punya rumah? Padahal memiliki hunian sejak awal memiliki banyak keuntungan lho.

Kaum milenial sering berkilah kalau mereka baru saja lulus kuliah, gaji kecil karena baru merintis karier, dan masih ingin menikmati masa muda dengan berlibur, nongkrong di cafe, dan lainnya. Kalau beli rumah? Wah, nanti dulu ah.

Bagi kaum milenial, sebenarnya kamu nggak perlu beli “rumah selamanya”. Maksudnya kamu membeli rumah, lantas kamu akan menempati hingga kamu tua.

Baca juga: Tips Nabung DP: Gimana Cara Nabung Kalau Berwirausaha

Tidak seperti itu lho, kamu memang harus membeli rumah pertama. Setelah karier kamu bagus, kamu menikah, kemudian punya anak, jual saja rumah ini. Lantas kamu membeli rumah baru.

“Saya selalu mengatakan kepada anak muda yang ingin membeli rumah, saya katakan setiap saat. Ini adalah rumah pertama kamu, bukan rumah terakhir,” ujar Linda Sanderfoot kepada Realtor. Sanderfoot merupakan agen properti di Amerika Serikat.

Faktanya, banyak keuntungan finansial kalau kamu membeli rumah pertama saat umur 20-an. Pertama, cicilan akan lebih terjangkau karena kamu akan membeli rumah murah.

Baca juga:  Tips Beli Rumah: 7 Tanda Lokasi Rumah Kamu Memang Bagus

Kedua, kamu akan mendapatkan suku bunga dan cicilan yang terjangkau karena kamu masih bisa mengambil jangka waktu lama, antara 15-20 tahun. Jika kamu menundanya hingga 30-an atau 40-an, maka kamu bakal kesulitan untuk mendapatkan semua ini.

Sederhananya begini deh, kamu baru saja bekerja dengan gaji antara Rp4 juta hingga Rp5 juta. Untuk fresh graduate dengan tingkat pendidikan sarjana, masih bisa deh mendapatkan gaji seperti ini.

Buat kamu yang masih tinggal dengan orang tua, kamu menang banyak nih. Kamu bisa menyisihkan minimal 30% dari gaji, malah bisa sampai 50%-60% dari pendapatan untuk tabungan uang muka dan kemudian cicilan.

Baca juga:  Tips Beli Rumah: Jangan Malas untuk Mengeksplorasi Pasar Properti

Kamu nggak perlu mencari rumah impian, beli saja dulu properti dengan harga terjangkau. Rumah atau apartemen itu terserah. Lantaran dana kamu terbatas, biasanya kamu hanya bisa membeli rumah tipe 36 atau apartemen tipe studio.

Setelah itu, kamu jual saja properti ini jika kamu sudah menikah dan punya anak, pastinya kamu membutuhkan hunian lebih besar. Jual saja properti ini untuk dijadikan uang muka. Ayo, mulai beli properti dari sekarang.

Bagikan: 1357 kali