Ilustrasi Rumah (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Orang memiliki banyak alasan saat menjual rumah lama dan kemudian membeli rumah baru. Namun, ada enam alasan yang membuat kamu harus membeli rumah baru.

National Association of Realtors, sebuah lembaga agen properti di Amerika Serikat menyatakan rata-rata orang AS tinggal di sebuah rumah adalah sepuluh tahun. Hmm, kalau di Indonesia bagaimana?

Ada sejumlah alasan kenapa orang pindah, jual rumah lama, dan membeli rumah baru. Situs Realtor memaparkan alasan kenapa harus segera pindah rumah.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Jangan Beli Hunian Sebelum Tahu Soal Polusi Suara

Pertama, kamu dalam posisi pasar penjual properti. Ini artinya penjual properti akan mendapatkan keuntungan.

Harga properti biasanya sedang naik. Kamu ingin mendapatkan keuntungan kalau menjual rumah lama dan membeli rumah baru dengan harga lebih murah.

Kedua, tetangga mulai menjual rumah dengan harga bagus. Coba perhatikan tetangga sekitar, apakah sudah ada pergantian pemilik rumah? Saatnya untuk mengecek harga rumah sekitar.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Apa Sih Keuntungan Beli Rumah Yang Ada Rayapnya

Kalau banyak tetangga yang memutuskan untuk menjual rumah dengan harga yang kamu inginkan, mungkin saatnya kamu untuk menjualnya.

Ketiga, kamu mengalami masalah finansial. Tidak selamanya kamu memiliki penghasilan yang bagus atau bisnis kamu lancar.

Atau kamu mengalami masalah pembayaran KPR (kredit pemilikan rumah) dan juga pajak rumah yang semakin tinggi. Nah, saatnya kamu menjual rumah untuk mengatasi masalah keuangan.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Kebiasaan yang Harus Dilakukan Biar Bisa Punya Rumah Pada 2019

Keempat, kamu dan keluarga tumbuh, namun rumah tidak bertumbuh. Kamu dan pasangan membeli rumah saat baru menikah. Saat ini, kamu sudah memiliki tiga orang anak. Saatnya, kamu membeli rumah baru.

Alasan lainnya, kamu bercerai, pernah sakit keras, atau ada anggota keluarga inti yang meninggal. Waktu yang tepat untuk pindah ke rumah baru.

Kelima, biaya perawatan rumah semakin mahal. Kalau biaya keamanan, kebersihan, perawatan, dan lainnya semakin mahal, itu pertanda kamu harus berpikir ulang.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Ga Usah Takut Kalau Beli Rumah yang Atapnya Rusak

Jangan sampai semua biaya tersebut naik pesat dan mengganggu cash flow keuangan bulanan. Saatnya mencari rumah dengan biaya perawatan lebih rendah.

Keenam, kamu sudah tinggal setidaknya lima tahun di rumah yang sama. Kalau kamu tinggal di sebuah rumah dalam jangka waktu cukup lama, kamu nggak rugi kalau menjual rumah.

Harga rumah sudah naik selama lima tahun. Jadi kamu nggak rugi saat membeli rumah baru. Saat jual beli rumah, ada sejumlah biaya yang harus kamu bayarkan lho.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Gimana Sih Cara Nawar Harga Rumah

Bagikan: 1796 kali