Ilustrasi Orang Menabung, Sebelum Membeli Rumah, Ada Enam Kebiasaan yang Harus Dilakukan Terkait Pengaturan Keuangan. Ada Kebiasaan Harian, Mingguan, Bulanan, dan Tahunan (Foto: Rumah123/Getty Images)

Saat kamu ingin membeli rumah, ada sejumlah kebiasaan terkait keuangan yang harus dilakukan. Ada enam kebiasaan yang bisa kamu terapkan supaya bisa mengatur uang dan kemudian membeli rumah.

Beli rumah itu tidak sekedar niat, tetapi juga ada hal nyata yang dilakukan. Kamu harus melakukan sejumlah kebiasaan terkait uang.

Kebiasaan ini terkait rutinitas harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Semua hal ini mesti dilakukan bersamaan.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Kalau Pelihara Hewan

Pertama, kebiasaan harian untuk mengecek pengeluaraan rutin. Coba cek berapa ongkos pulang pergi ke kantor, makan siang, jajan, dan lainnya. Pasti ada pos pengeluaran yang dapat dikurangi.

Kedua, kebiasaan mingguan dengan membuat menabung uang ke rekening tabungan. Ketika kamu bisa menghemat pengeluaran harian dan mingguan, pasti ada dana yang bisa ditabung. Lakukan hal itu segera.

Ketiga, kebiasaan mingguan dengan rajin mencari informasi rumah dan apartemen. Saat akhir pekan, coba untuk mengunjungi pameran rumah, show unit, atau marketing gallery perusahaan pengembang.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 7 Alasan Ga Beli Hunian dengan Halaman Penuh Pohon

Keempat, kebiasaan bulanan dengan membayangkan diri sudah punya rumah. Jadi pemilik rumah, kamu akan membayar tagihan listrik, iuran keamanan, iuran lingkungan, tagihan air, dan masih banyak lagi. Kamu harus bersiap untuk itu.

Kelima, kebiasaan bulanan dengan membayar tagihan tepat waktu. Coba untuk membayar semua tagihan apa saja tepat waktu seperti kartu kredit, tagihan telepon seluler, cicilan motor, cicilan mobil, dan lainnya.

Keenam, kebiasaan tahunan dengan mengecek tabungan dan utang. Setelah satu tahun, coba cek tabungan uang muka dan juga utang kamu. Sudah berapa banyak tabungan? Apakah utang sudah berkurang?

Baca juga: Tips Beli Rumah: Coba Deh Cek Lokasi Rumah Saat Malam Hari

Bagikan: 1022 kali