Kalau Kamu Memelihara Hewan, Ada Empat Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Rumah (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Buat kamu yang memiliki hewan peliharaan, ada beberapa hal yang kamu harus perhatikan sebelum membeli rumah. Jangan dianggap sepele ya gaes.

Hal yang biasa kalau pemilik hewan membiarkan binatang kesayangannya untuk berkeliaran di dalam rumah. Walaupun ada juga yang memasukkannya ke kandang.

Ada juga pemilik hewan peliharaan yang membiarkan anjing dan kucingnya untuk tidur bersama di kamar tidur. Atau pemilik membuatkan kamar tidur khusus untuk anjing dan kucing peliharaan.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Apa Sih Keuntungan Beli Rumah Yang Ada Rayapnya

Situs properti Realtor.com memberikan empat tips bagi para penyayang hewan saat membeli rumah. Kamu harus memerhatikan hal ini lantaran binatang peliharaan juga akan menetap di rumah kamu.

Soalnya tidak semua lingkungan itu tidak ramah dengan binatang peliharaan. Tentunya kamu dan binatang peliharaan bisa tidak nyaman kalau hal tersebut terjadi.

Pertama, cari tahu peraturan pemerintah daerah. Kamu mesti tahu apakah ada peraturan pemda yang mengatur hewan peliharaan.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Kebiasaan yang Harus Dilakukan Biar Bisa Punya Rumah Pada 2019

Kalau kamu memelihara kucing, anjing, ikan, dan hewan peliharaan “standar” lainnya, mungkin tidak masalah, selama jumlahnya tidak mirip kebun binatang. Namun, jika kamu memiliki hewan lainnya seperti ular, buaya, biawak, dan lainnya, kamu mesti mengetahui peraturan.

Kedua, rumah harus memiliki lantai yang ramah terhadap hewan. Jika kamu memasang karpet, maka karpet bisa rusak karena cakar kucing dan anjing. Belum lagi, soal kotoran hewan yang bisa merusaknya.

Sebaiknya, rumah memakai lantai kayu keras, marmer, atau keramik. Kamu akan mudah untuk membersihkan jika ada kotoran atau makanan hewan yang tumpah.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Ga Usah Takut Kalau Beli Rumah yang Atapnya Rusak

Ketiga, periksa rumah apakah memiliki tangga atau tidak. Jika hewan kesayangan kamu masih kecil, tentunya kamu bakal khawatir anjing atau kucing kamu bakal terjatuh saat turun naik.

Lain halnya jika hewan kesayangan kamu sudah besar. Tentunya kucing dan anjing bisa turun naik dengan mudah. Agar hewan tidak terpeleset saat turun naik, pasanglah karpet pada anak tangga.

Keempat, cari tahu apakah lingkungan sekitar rumah aman untuk hewan peliharaan. Setiap akhir pekan, mungkin kamu mengajak kucing atau anjing kesayangan keliling kompleks, cari tahu apakah kompleks perumahan kamu aman dan nyaman.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Gimana Sih Cara Nawar Harga Rumah

Sering kali, pemilik hewan melepas kucing dan anjingnya di halaman rumah. Namun, kucing dan anjing sering kali keluar rumah dan mungkin mampir ke rumah tetangga. Kamu harus mengetahui apakah tetangga tidak keberatan dengan hal itu.

Jangan salah lho, kucing kamu berkeliaran ke rumah tetangga, bisa jadi ada yang mengeluh karena buang kotoran sembarangan atau merusak barang tetangga.

Nah, sebelum pindah rumah, pastikan kamu sudah mengetahui semua ini. Jangan sampai kamu dan hewan kesayangan tidak nyaman tinggal di rumah tersebut.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 6 Tanda Kalau Kamu Harus Beli Rumah Baru

Bagikan: 1947 kali