Tips Beli Rumah- Rumah123.com Ada Tiga Cara Saat Mencari Hunian Murah. Salah Satunya Adalah Fixer Upper. Tidak Ada Salahnya Mencari Rumah Tidak Terawat Dan Kemudian Melakukan Renovasi (Foto: Rumah123/Getty Images)

Banyak cara untuk berburu rumah murah pada 2019. Tiga cara ini adalah membeli rumah tua dan merenovasinya, membeli rumah yang tidak laku, dan meminta bantuan agen properti untuk mencari rumah yang baru dipasarkan.

Saat mencari rumah memang sering kali tidak semudah yang dibayangkan. Kamu menemui kendala saat menemukan rumah idaman.

Kamu sudah menemukan rumah yang kamu incar, tetapi harganya tidak masuk di kantong. Bahkan, saat kamu melakukan simulasi cicilan jangka panjang pun masih terasa mahal.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 6 Kebiasaan Orang yang Sukses Beli Properti

Lain waktu, kamu menemukan rumah baru yang keren dengan harga yang pas. Tetapi, sayangnya desain rumahnya kurang sreg.

Atau kamu dihadapkan pilihan untuk membeli rumah baru atau rumah lama. Keduanya memiliki keuntungan dan kerugian.

Situs Trulia memberikan tiga tips mudah untuk mencari rumah pada 2019. Hmm, siapa tahu setelah mempraktikkannya, kamu mendapatkan rumah impian.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Saatnya Cari Hunian Murah Tanpa 5 Fasilitas Mahal

Pertimbangkan Pilihan Fixer Upper

Kalau rumah baru terbilang mahal, kenapa tidak memilih rumah dengan kondisi kurang oke. Kamu bisa mendapatkan pengurangan harga kalau rumah tidak dalam kondisi tidak bagus. Misalnya tembok tidak dicat, taman tidak terawat, kamar mandi harus direnovasi, dan lainnya.

Kalau kamu punya dana Rp500 juta, mungkin kamu bisa mencari rumah dengan harga Rp300 juta dan sisanya untuk dana renovasi. Kamu bisa mendesain ulang rumah seperti acara televisi Property Brothers yang tayang di HGTV.

Kalau kamu memilih pilihan fixer upper, sebenarnya kamu bisa merancang ulang sesuai keinginan kamu. Mungkin kamu mau rumah dengan konsep open space.

Cari Rumah Lama yang Tidak Laku

Coba cek daerah sekitar kamu, biasanya ada rumah yang sudah dipasarkan selama satu tahun tetapi belum laku. Rumah yang tidak laku biasanya punya banyak masalah. Untuk itu, kamu harus mencari tahu penyebabnya.

Kalau masalahnya adalah harga terlalu mahal, kamu bisa bernegosiasi agar penjual menurunkan harga. Lain cerita kalau rumah itu berhantu, pernah menjadi tempat pembunuhan, dan lainnya. Kamu lebih baik mencari pilihan lain.

Banyak pemilik rumah yang memasarkan rumah dengan harga terlalu mahal karena merasa berada di daerah bagus. Padahal lokasi rumah masuk ke dalam gang kecil, lahan sempit, tidak ada garasi, dan lainnya.

Tanya Agen Properti Soal Rumah yang Akan Dipasarkan

Kalau kamu memiliki kenalan agen properti, tanya saja mengenai rumah yang akan segera dipasarkan. Biasanya agen mempunyai listing dalam jumlah banyak. Jadi sebelum rumah dipasarkan, kamu tahu terlebih dahulu.

Siapa tahu ada pemilik rumah yang ingin menjual cepat karena harus berobat atau pindah kota/negara. Kamu bisa mendapatkan harga yang tidak terlalu mahal.

Agen properti tidak hanya punya daftar rumah yang dijual, tetapi punya pengetahuan mengenai harga rumah di sebuah lokasi. Manfaatkan untuk mencari tahu rumah dengan harga terjangkau. Tidak ada salahnya untuk membeli rumah di dalam gang kecil.

Bagikan: 1099 kali