Tips Beli Properti- Rumah123.com Sebelum Membeli Apartemen, Ada 10 Hal yang Mesti Dicek Terlebih Dahulu. Simak Selalu Tips Membeli Properti yang Diulas di Situs Properti Rumah123.com (Foto: Rumah123/Getty Images)

Apartemen memiliki kekurangan dan juga kelebihan dibandingkan rumah. Ketika kamu memutuskan untuk membeli apartemen, ada sepuluh hal yang perlu dicek.

Saat memutuskan membeli apartemen, kamu pastinya mempertimbangkan banyak hal. Apa saja keuntungannya, apa saja kerugiannya.

Biasanya harga apartemen bisa lebih murah dari rumah, fasilitasnya lebih lengkap, dekat dengan kantor, dekat dengan akses transportasi massal, dan lainnya.

Baca juga: Tips Beli Rumah: Pilih Lokasi Atau Kemudahan Transportasi?

Namun, apartemen juga punya kekurangan seperti luasnya yang terbatas, tidak punya halaman, tidak bisa dikembangkan, dan lainnya.

Selain kekurangan dan kelebihan itu, ada sejumlah hal lainnya yang perlu dicek. Jangan sampai kamu melewatkannya.

Situs properti Realestate.com.au memberikan sejumlah hal yang harus dicek sebelum membeli apartemen. Realestate.com.au merupakan situs milik REA Group Australia yang juga perusahaan induk Rumah123.com.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 4 Faktor Yang Pengaruhi Harga Rumah

 

Mencari Tahu Soal Status Kepemilikan

Saat menemukan apartemen yang tepat, jangan lupa untuk bertanya statusnya. Ada status sertifikat hunian vertikal yang perlu diketahui yaitu Sertifikat Hak Kepemilikan Rumah Susun (SHKRS) dan Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung (SKGB). SHKRS merupakan pecahan Hak Guna Bangunan, jenis sertifikat ini kuat dan bisa digadaikan di bank.

 

Mencari Tahu Latar Belakang Developer

Pembeli mesti mencari tahu latar belakang developer. Pastinya kamu sudah sering mendengar ada pembangunan apartemen yang mangkrak lantaran ditinggal developer. Sebelum membeli, cari tahu dulu profil pengembang. Kamu hanya perlu mencarinya di internet.

 

Mengecek Fasilitas Terdekat

Kalau tinggal di apartemen, tentunya ruang terbatas. Kamu membutuhkan tempat untuk bersantai seperti taman, cafe, dan restoran. Kamu juga memerlukan tempat belanja seperti supermarket atau mall. Tidak ketinggalan, kamu membutuhkan taman, pusat kebugaran, dan lainnya.

 

Mengecek Jumlah Lahan Parkir

Biasanya hal ini menjadi masalah lantaran jumlah parkir biasanya terbatas. Jika kamu memiliki mobil, pastikan kamu mendapatkan lahan parkir. Jika tidak, kamu bisa mencari tahu akses transportasi massal terdekat seperti bus, kereta listrik, dan lainnya.

 

Mempertimbangkan Tempat Penyimpanan

Luas apartemen tentunya sangat terbatas. Kamu harus memikirkan tempat penyimpanan atau storage. Banyak cara untuk mengatasinya seperti membuat built in furniture seperti menjadikan tempat tidur sebagai ruang penyimpanan, membuat meja makan lipat, dan lainnya.

 

Mencari Tahu Profil Tetangga

Tidak ada salahnya untuk mencari tahu soal tetangga. Kamu bisa membayangkan lokasi apartemen dekat kantor, universitas, atau lainnya. Hal ini terkait dengan perilaku tetangga. Tentunya tidak menyenangkan kalau tetangga malah berisik saat kamu ingin istirahat.

 

Mempelajari Pembuangan Sampah

Hal ini tidak boleh disepelekan. Kalau kamu memiliki hunian, kamu akan membuang sejumlah sampah dari makanan, minuman, dan lainnya. Jangan sampai sampah menumpuk sehingga tetangga mencium baunya.

 

Mencari Tahu Jumlah Hunian Sewaan

Biasanya apartemen identik dengan investor. Apartemen akan diisi oleh para penyewa baik tahunan, bulanan, mingguan, atau pun harian. Jika pada satu lantai, banyak unit apartemen yang disewakan seperti ini, kamu harus memerhatikan faktor keamanan, kebisingan, dan lainnya karena penghuni selalu berganti.

 

Memeriksa Soal Keamanan

Sudah banyak terjadi aksi kejahatan di apartemen, untuk itu kamu harus waspada terutama untuk kaum hawa. Ada apartemen yang memiliki keamanan ketat, ada juga yang tidak. Jika apartemen memiliki sejumlah fitur keamanan lengkap biasanya semakin mahal. Nah, hal ini juga harus menjadi pertimbangan.

 

Mengecek Struktur dan Bentuk Bangunan

Sebelum membeli, cari tahu terlebih dulu, unit apartemen berada di lantai berapa. Kamu bisa melihat kondisi bangunan. Selain itu, kamu harus mengetahui pintu keluar jika terjadi bencana kebakaran, gempa, dan lainnya. Pastikan kamu tahu segalanya untuk tindakan pencegahan.

Bagikan: 845 kali