Foto: Rumah123/Getty

 

Belanja pastinya aktivitas yang menyenangkan, terutama buat kamu, para cewek. Kalau ada cewek yang gak suka belanja, mungkin bukan faktor belanjanya yang gak dia suka, tapi faktor duitnya cekak atau malah gak ada duit. Nah, buat kamu yang ada duit buat belanja, jangan juga jadi kalap kalau lagi belanja.

Ngomongin soal belanja, sebenarnya siapa pun orangnya pastinya akan belanja, paling gak belanja kebutuhan hidup, ya kan? Masalahnya, kalau kamu mau selamat dari aktivitas yang namanya belanja, berikut ini 4 tips pintar belanja yang bisa kamu ingat-ingat:

Hanya Beli yang Dibutuhkan 

Udah pintar bedain antara yang dibutuhkan dan yang diinginkan, bukan? Jadi, kalau lagi belanja beli aja apa pun yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan! Ciri dari barang yang dibutuhkan adalah kalau ditunda belinya, maka hidupmu jadi susah atau bermasalah. Contoh: Beli baju adalah kebutuhan (kalau telanjang kan kamu jadi bermasalah), tapi merek baju adalah keinginan. Nah, silakan memutuskan baju seperti apa yang kamu butuhkan.

Baca juga: Nyandu Belanja Online, Ya Kapan Beli Rumahnya?

Beli Barang yang Produktif, Bukan yang Konsumtif  

Kalau kamu lagi belanja dan tertarik pada suatu barang, tentukan apakah barang tersebut merupakan barang produktif ataukah konsumtif. Ciri barang konsumtif adalah barang itu akan mengurangi kekayaanmu. Sebaliknya, barang produktif adalah yang mendukung atau bisa menambah kekayaanmu.

Contoh: Kalau kamu beli laptop cuma untuk main game atau mantengin medsos, itu konsumtif. Tapi, kalau kamu pake laptop itu untuk sarana bisnis atau kamu membuat tulisan-tulisan yang mendatangkan honor, itu produktif.

Jitu Memanfaatkan Diskon 

Mata diskonan itu bagus lho! Selama diskon itu membuat kamu bisa memiliki barang yang dibutuhkan dengan harga miring. Dengan harga lebih murah, kamu bisa menambah aset kekayaanmu.

Kalau udah ngomongin aset, berarti yang dibeli dengan diskon itu adalah barang produktif atau barang kebutuhan hidup, bukan barang konsumtif. Tau aset kan? Itu lho, sesuatu yang mempunyai nilai tukar, semisal logam mulia (emas), dollar, dan properti. Jadi, diskon emang bisa merupakan cara untuk menambah asetmu.

Baca juga: Kalau Pengin Kebeli Rumah, Jangan Kejebak Belanja Murah!

Jangan Ngutang

Emang benar gak semua utang itu jelek, tapi kalau kamu lagi belanja jangan lupa membayar tunai. Kalau mau ngutang, pastikan yang kamu beli adalah barang produktif. Membeli suatu barang konsumtif dengan cara mengutang, sama aja mengundang sumbatan bagi cash-flow kamu.

Bagikan: 556 kali