smartlock- rumah123.com Ada Sejumlah Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Liburan Natal dan Tahun Baru. Salah Satunya Adalah Memasang Smartlock Atau Kunci Pintar (Foto: Rumah123/Getty Images)

Bagi kamu yang berencana untuk liburan Natal dan Tahun Baru, ada sejumlah tips aman meninggalkan rumah. Tips ini berguna bagi yang tidak memiliki ART.

Libur panjang sebentar lagi tiba. Bagi yang merayakan Natal, mungkin ingin merayakannya bersama keluarga di kampung halaman.

Atau kamu berencana untuk merayakan Tahun Baru di Bali? Nah, tentunya kamu akan meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama.

Baca juga: Waspada Modus Pencuri Rumah Kosong Plus Cara Aman Anti Maling

Saat meninggalkan rumah saat liburan Natal dan Tahun Baru, biasanya para maling spesialis rumah kosong akan beraksi. Mereka memantau rumah kosong yang ditinggalkan penghuninya dalam waktu lama.

Tidak usah khawatir, kamu bisa menerapkan sejumlah tips ini. Apalagi buat kamu yang tidak mempunyai ART (asisten rumah tangga), kamu tidak perlu risau untuk pergi berlibur dan meninggalkan rumah.

1. Memberitahu Pengurus RT

Selama kamu tinggal di Indonesia, pastinya ada pengurus RT (Rukun Tetangga). Pastikan kamu melapor ke pengurus RT kalau kamu ingin berlibur Natal dan Tahun Baru.

Pengurus RT akan melakukan pendataan siapa saja warga yang meninggalkan rumah. Hal yang sama juga terjadi ketika mudik Lebaran. Pengurus RT akan mendata warga yang mudik sehingga bisa mengantisipasi keamanan lingkungan.

2. Memberitahu Petugas Keamanan

Selain memberitahu pengurus RT, pastikan kamu juga memberitahu ke petugas keamanan kalau kamu sedang berlibur. Biasanya, pengurus RT akan menginformasikan kepada petugas keamanan mengenai warga yang pergi berlibur atau pergi dalam jangka waktu yang lama.

Namun, tidak ada salahnya kamu memberitahu petugas keamanan. Bagi kamu yang tinggal di kompleks perumahan, petugas keamanan bisa ikut memantau rumah kamu. Mereka bisa mengantisipasi maling spesialis rumah kosong.

3. Memasang CCTV

Bagi kamu yang tidak tinggal di perumahan, kamu bisa memasang kamera CCTV (closed circuit television). Namun, kalau kamu tinggal di klaster, tidak ada salahnya untuk memasang kamera yang sama untuk mengantisipasi.

Kamera CCTV ini bisa dipasang di luar rumah atau di dalam rumah. Kamera CCTV ini akan terkoneksi dengan smartphone. Kamu bisa memantau keadaan rumah setiap saat. Kalau pun rumah kamu dibobol maling spesialis rumah kosong, kamu memiliki bukti siapa pelaku agar polisi bisa menangkap mereka.

4. Memasang Fitur Smarthome

Bagi kamu yang tidak tinggal di klaster perumahan, sebaiknya kamu memasang fitur smarthome seperti kunci rumah, lampu, dan lainnya. Tetapi, jika kamu tinggal di kompleks perumahan, tidak ada salahnya memasang fitur yang sama untuk antisipasi. Siapa tahu petugas keamanan sedang lengah.

Kunci pintar bisa menjadi pilihan untuk kunci rumah. Kunci ini hanya bisa diakses dengan sidik jari pemilik rumah, smartphone, dan lainnya.

Fitur pengatur lampu rumah juga wajib ada. Fitur ini akan mengatur lampu menyala menjelang malam hari dan mematikan lampu saat pagi hari. Maling spesialis rumah kosong sudah jeli dengan kondisi lampu teras yang menyala saat siang hari. Mereka bisa mengetahui kalau penghuni rumah tidak ada.

Baca juga: Mau Tahu Kamar Mana yang Ga Bakal Dimasuki Maling?

Baca juga: Waspada Gaes, Pembobol Rumah Kosong Incar Rumah dengan Kondisi Seperti Ini

Bagikan:
2235 kali