Ilustrasi Mobil (Foto: Rumah123/REA Group Australia/Shutterstock)

Seorang bocah laki-laki berusia lima tahun tewas di dalam sebuah mobil Ford Fiesta di Cimone, Karawaci, Tangerang pada Kamis (20/12/2018). Bocah ini tewas kehabisan oksigen setelah terkunci di dalam mobil selama berjam-jam.

Sementara satu bocah laki-laki lainnya yang berusia empat tahun ditemukan pingsan di mobil yang sama. Nyawa si bocah masih bisa diselamatkan.

Kedua bocah ini masuk ke dalam mobil milik tetangga. Mereka sudah terbiasa melakukanya. Keluarga kedua korban sempat mencari mereka, namun baru ditemukan beberapa jam kemudian.

Baca juga: Mari, Bikin Ruang Bermain yang Bikin Anak Bahagia!

Mobil tetangga ini biasa tidak dikunci sehingga anak-anak bisa masuk. Selain itu, seluruh kaca terkunci rapat sehingga tidak ada oksigen dalam kendaraan.

Kedua anak bisa masuk, namun tidak bisa keluar. Kejadian ini tentu memprihatinkan, namun ada pelajaran yang bisa kita petik.

Buat kamu yang tinggal di cluster, sering kali kamu memarkir mobil di carport atau di depan rumah, tanpa terkunci. Biasanya, kamu masih sering bolak balik untuk mengambil sesuatu yang mungkin tertinggal di mobil.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 8 Fasilitas Rumah yang Mesti Dicek Orang Tua Sebelum Beli Hunian

Padahal hal ini bisa berbahaya lho. Bisa jadi putra putri kamu atau anak tetangga masuk ke dalam mobil dan tidak bisa keluar seperti kejadian di Tangerang.

Anak-anak sering kali bermain tanpa menyadari risiko bahaya. Namanya juga anak-anak kan. Nah, kamu harus melakukan tindakan preventif agar hal serupa tidak terulang.

Biasakan untuk mengunci pintu mobil setiap saat untuk mencegah insiden serupa. Biasakan juga mengecek mobil, siapa tahu putra putri kamu atau mungkin anak tetangga bermain di dalam mobil tanpa pengawasan. Lebih baik mencegah daripada menyesal kan?

Baca juga: Tips Kamar Anak yang Aman, Apa Aja Sih yang Gak Boleh Ada di Kamarnya?

Bagikan: 660 kali