Ada Sejumlah Aturan yang Harus Dibuat Agar Kamu dan Roommate Sekamar atau Serumah Bisa Tetap #AkurSerumah (Foto: Rumah123/Getty Images)

Punya rekan sekamar alias roommate bisa menyenangkan, bisa juga tidak. Supaya kalian akur, ada sejumlah tips yang harus diterapkan.

Kamu sedang tugas belajar di luar kota atau luar negeri, atau kamu sedang tugas penempatan di luar kota, tentunya kamu tidak memilih membeli hunian. Kamu akan memilih menyewa rumah atau apartemen.

Mungkin biaya sewa rumah atau apartemen terlalu mahal. Atau juga rumah yang kamu sewa terlalu besar lantaran memiliki tiga kamar atau kamu takut tinggal sendiri di kamar, biasanya sih kaum perempuan begitu.

Baca juga: Kaum Milenial Tuh Sensitif Banget Sama Tetangga, Yaah Gimana Mau Akur

Supaya rumah tidak terlalu sepi, kamu mengajak mahasiswa/mahasiswi lain atau rekan sekantor untuk menjadi roommate. Lumayan kan bisa menekan budget.

Namun, sebelum memutuskan untuk memiliki rekan serumah, kamu harus memiliki sejumlah aturan agar tercipta kedamaian di rumah, biar #AkurSerumah ya gaes. Kalau kamu kebanyakan lihat sitkom Hollywood, roommate memang kompak, tetapi tidak dalam kehidupan nyata.

Situs Realtor.com memberikan sejumlah tips agar kamu terhindar dari perselisihan dengan roommate. Maksud hati ingin senang, tetapi kamu malah berantem melulu.

Baca juga: Saling Ejek di Medsos Berakhir Maut, Yaelah Gaes Kapan Mau Akur Sih

Pertama, uang, duit, fulus. Tentukan bagaimana pembagian uang sewa, apalagi kalau ada kamar utama dengan kamar mandi terpisah, sementara kamar lain tidak seperti itu. Pastinya sewa harus dibedakan.

Kedua, lemari es. Makanan dalam lemari es jadi milik bersama atau masing-masing? Jangan lupa tentukan waktu untuk membersihkan bersama.

Ketiga, tamu menginap. Kalau ada saudara, orang tua, atau teman dari salah satu roommate menginap tentu tidak masalah, tetapi lain cerita kalau menginap selama berminggu-minggu.

Baca juga: Beda Itu Lumrah Gaes, Tetapi Gimana Caranya Tetap #AkurSerumah

Keempat, pemakaian fasilitas. Tentukan penggunaan fasilitas seperti AC, listrik, lampu, dan lainnya. Mungkin ada yang suka menggunakan AC, sementara yang lain tidak suka.

Kelima, hewan peliharaan. Roommate suka memelihara kucing atau anjing, sementara kamu tidak. Bikin aturan apakah binatang peliharaan bisa berkeliaran di rumah atau tidak.

Keenam, privacy. Punya roommate, bukan berarti kamu nggak punya privacy. Semua penghuni harus tetap memilikinya. Atur mana barang pribadi, mana barang yang dapat dipakai bersama.

Baca juga: Tips Akur Bertetangga: Jangan Pelit Berbagi Makanan

Ketujuh, pembagian tugas rumah tangga. Kesannya sih sepele, tetapi bayangkan kalau satu orang saja yang mau mencuci piring, membereskan rumah seperti menyapu dan mengepel, hingga membuang sampah.

Kedelapan, jadwal kegiatan tidak sama. Kamu dan roommate punya kebiasaan tidur berbeda, jadwal kerja berbeda, kepribadian berbeda, dan lainnya. Bayangkan kalau kamu sedang tidur, teman kamu baru pulang dari kantor lantaran punya shift kerja sampai pagi.

Bagikan: 1383 kali