Nobuyuki Nobu Matsuhisa Memiliki Sikap Positif Saat Memulai Kariernya Sebagai Chef. Ir. Eddie Muljawan Soetedjo Berharap Agen Properti Punya Sikap Serupa (Foto: Rumah123/Caesars Entertainment)

Lingkungan bisa berdampak kepada seseorang. Apalagi lingkungan yang buruk, namun seseorang harus bisa membuat agar dia tidak terpengaruh.

Seseorang harus dapat mengubah sikap menjadi energi positif dalam setiap interaksi. Ketimbang khawatir mengenai hal yang tidak dapat dikendalikan, lebih baik mengalihkannya menjadi energi yang dapat diciptakan.

Ir. Eddie Muljawan Soetedjo mengutarakan hal tersebut dalam bukunya yang bertajuk The King of Property: 36 Secrets of Powerful Closing. Dia memaparkan sederetan tips dalam menjalankan profesi sebagai agen properti.

Baca juga: Apartemen Ga Laku-laku, Rocker Gaek Keith Richards Ganti Agen Properti

Dia memberikan ilustrasi mengubah transformasi energi dengan memaparkan kisah hidup Nobuyuki Nobu Matsuhisa. Dia adalah celebrity chef dan pengusaha restoran yang ngetop lewat kuliner fusion tradisional Jepang dengan bumbu rempah Peru.

Matsuhisa sempat menjadi tukang cuci piring di sebuah restoran di Tokyo, Jepang. Dia melakoninya selama tiga tahun. Tugas utamanya hanya mencuci piring dan membersihkan ikan.

Lantas dia naik pangkat menjadi asisten chef. Dia berkenalan dengan seorang pelanggan asal Peru. Matsuhisa diajak untuk membuat restoran Jepang di negara tersebut.

Baca juga: Agen Properti Dituntut Gara-gara Jual Rumah Berhantu

Matsuhisa kesulitan menemukan bumbu di Peru sehingga dia memanfaatkan bahan yang ada untuk membuat kuliner fusion. Dia sempat membuka restoran di Amerika Serikat, gagal karena terbakar, kemudian dia bangkit lagi sehingga akhirnya dia bisa memiliki 40 restoran di beberapa negara.

Eddie ingin menunjukkan bagaimana seseorang bisa bertumbuh secara positif dalam lingkungan yang terkesan negatif. Bayangkan Matsuhita harus sabar menjadi tukang cuci piring selama tiga tahun.

Tekanan yang mungkin serupa dialami Eddie saat menjalani kariernya sebagai agen properti lebih dari dua puluh tahun silam. Banyak hal yang harus dia pelajari, dia ubah, dan dia lakukan.

Baca juga: Rilis Buku, Eddie Muljawan Ingin Agen Properti Punya Standar Kerja

Eddie harus beradaptasi dengan tuntutan profesi. Dia berusaha menjadi profesional. Eddie mulai luwes bergaul, mengubah penampilan, dan lainnya.

Semua ini menjadi modal Eddie dalam menekuni profesi agen properti. Dia bisa menjalin komunikasi yang baik dengan penjual, pembeli, notaris, pihak perbankan, dan lainnya. Dia menemukan beragam masalah namun Eddie merasa hal itu harus diatasi agar dia bisa naik ke level yang lebih tinggi.

“Jadilah energy transformer bagi lingkungan, ketika melihat lingkungan kita tidak kondusif. Jangan terbaurkan oleh keadaan yang buruk agar kita bisa menciptakan perbedaan.” (Ir. Eddie Muljawan Soetedjo CPA).

Baca juga: Tips Jual Rumah: 6 Keuntungan Memakai Agen Properti

Bagikan: 771 kali