Ilustrasi Agen Properti Bertemu Klien. Seorang Broker Harus Bisa Berbagi Pengetahuan dan Keahilian Kepada Agen Properti Lain Sehingga Dia Bisa Terus Mengasah Kemampuan (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Saat seseorang berhenti belajar, maka dia perlahan akan mati. Jika seseorang memiliki pengetahuan dan keahlian, sebaiknya dia berbagi dengan orang lain. Dengan begitu, dia akan terus kembali mengasah ketrampilannya.

Biasanya saat orang memiliki pengetahuan, ada yang memilih untuk tidak membaginya dengan orang lain. Padahal, seseorang harus terus belajar.

Ir. Eddie Muljawan Soetedjo memaparkan semua hal tersebut dalam bukunya yang berjudul The King of Property: 36 Secrets of Powerful Closing. Dia mengulas sejumlah tips dan kisah dalam menjalankan profesi sebagai agen properti.

Baca juga: Apresiasi Agen Properti, Harcourts Indonesia Selenggarakan Annual Awards 2019

Eddie menyatakan dia memilih untuk berbagi pengetahuan dan keahlian kepada orang lain terutama bagi mereka yang ingin terjun menjadi agen properti.

Dia merasa bahwa kalau ada orang yang memulai karier seperti dia, maka orang tersebut akan mengalami kesulitan pasar properti sudah berubah dan berkembang. Apalagi saat ini sudah ada pemasaran digital.

Untuk itu, seorang agen properti bisa mempelajari sedikit banyak mengenai bagaimana menjadi broker melalui buku ini. Menurut Eddie, broker pemula tidak perlu memulai seperti dirinya.

Baca juga: Modernland Manfaatkan Kolaborasi dengan Agen Properti untuk Pasarkan Jakarta Garden City

Namun, mereka bisa mempelajari tahapan yang sudah dipaparkan dalam bukunya secara terstruktur. Selain itu, agen properti juga harus mencari mentor agar memiliki teman diskusi.

Broker harus terus belajar. Orang yang tidak mau dan tidak mampu belajar merupakan orang yang menjerat dirinya sendiri untuk mati perlahan dan enggan bertumbuh. Semestinya, agen properti harus terus belajar karena dunia dan industri properti juga bertumbuh. Artikel ini menjadi penutup dari sejumlah tips yang dipaparkan sejak beberapa bulan lalu.

Berbagilah karena ingin memberkati. Bukan berbagi karena ingin menerima (Ir. Eddie Muljawan Soetedjo CPA).

Baca juga: Tips Jual Rumah: Gimana Caranya Dapatkan Agen Properti yang Benar

Bagikan: 8990 kali