Ilustrasi Agen Properti. Seorang Agen Properti Harus Belajar Banyak Hal untuk Memperkaya Wawasan, Menambah Ilmu, Memperbanyak Jejaring, dan Lainnya (Foto: Rumah123/Getty Images)

Motivasi adalah hal yang membuat Anda mulai. Kebiasaan merupakan sesuatu yang membuat Anda terus berjalan. Pernyataan dari Jim Rohn ini dipahami benar oleh Eddie Muljawan Soetedjo.

Dia tidak pernah lelah untuk belajar. Dia terus belajar dari banyak hal, banyak guru, pengalaman diri sendiri, hingga pengalaman orang lain.

Ir. Eddie Muljawan Soetedjo memaparkan semua hal tersebut dalam bukunya yang berjudul The King of Property: 36 Secrets of Powerful Closing. Dia mengulas sejumlah tips dan kisah dalam menjalankan profesi sebagai agen properti.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 8 Cara Untuk Cari Tahu Agen Properti yang Berkualitas

Sebagai agen properti yang menekuni pasar sekunder, dia berusaha mengikuti semua jenis pelatihan yang dilakukan oleh kantor pusat ERA Indonesia. Walaupun kelas itu sudah familiar baginya, namun dia merasa harus terus membekali diri.

Dia merasa kalau pelatihan punya banyak keuntungan. Materi baru akan menyegarkan ingatannya mengenai hal yang harus diperbaiki.

Saat memulai profesinya, Eddie rajin mengikuti pelatihan. Dia mengikuti pelatihan Robert Kiyosaki, Panangian School of Property, James Gwee, Tung Desem Waringin, dan lainnya.

Baca juga: Apresiasi Agen Properti, Harcourts Indonesia Selenggarakan Annual Awards 2019

Semua materi yang diterima tidak semuanya dia adopsi dalam pemikiran. Dia mengolahnya kembali. Hal yang secara nalar memang benar dipraktikkan tanpa menyalahi prinsip nilai yang dipegang teguh.

Pelatihan-pelatihan ini mengubah pola pikir dan membentuk karakter Eddie sebagai broker. Semuanya memberikan dampak besar bagi dia alam melakukan pekerjaan. Dia menyatakan tidak akan pernah berhenti untuk belajar.

Belajar itu tidak ada batas akhirnya (Ir. Eddie Muljawan Soetedjo CPA)

Baca juga: Modernland Manfaatkan Kolaborasi dengan Agen Properti untuk Pasarkan Jakarta Garden City

Bagikan: 3112 kali