Agen Properti Harus Bisa Menjelaskan Kepada Penjual Properti Kalau Komisi Tidak Bisa Didiskon. Broker Harus Melakukan Sejumlah Pekerjaan Secara Profesional (Foto: Rumah123/Getty Images)

Para pemilik properti berharap agen bisa membantu memasarkan properti mereka. Namun, tidak jarang kalau para pemilik meminta pengurangan komisi. Persoalan komisi ini bisa menjadi masalah.

Hal ini bisa terjadi jika pemilik hanya memandang agen sebagai calo semata. Broker harus menjelaskan kalau dia harus melakukan serangkaian pekerjaan dalam memasarkan properti. Lantaran itu, komisi tidak bisa dinegosiasi.

Ir. Eddie Muljawan Soetedjo memaparkan semua hal tersebut dalam bukunya yang berjudul The King of Property: 36 Secrets of Powerful Closing. Dia mengulas sejumlah tips dan kisah dalam menjalankan profesi sebagai agen properti.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 8 Cara Untuk Cari Tahu Agen Properti yang Berkualitas

Saat agen properti bertemu klien yaitu pemilik properti, dia harus memberikan pemahaman tentang banyak hal. Broker bakal melakukan banyak hal dalam menjual properti.

Agen properti harus terjun ke lapangan untuk melihat langsung properti yang akan dijual. Dia bisa mengetahu kekuatan dan kelemahan sebuah listing properti.

Dia bisa menyusun strategi dalam menjual properti mulai dari membuat materi promosi, beriklan melalui media online atau menyebarkan leaflet, hingga menjadi wakil penjual saat bertemu calon pembeli.

Baca juga: Apresiasi Agen Properti, Harcourts Indonesia Selenggarakan Annual Awards 2019

Banyaknya hal yang dikerjakan tentunya membuat agen properti bisa mengajukan keberatan kalau penjual meminta diskon komisi. Apalagi kalau agen properti yang tergabung dalam kantor agen pastinya harus berbagi komisi.

Agen properti harus bisa mengemukakan alasan profesional saat menolak permintaan klien mengenai diskon komisi. Komisi agen properti yang bergabung dengan kantor agen biasanya sudah tetap.

Profesional adalah integritas dalam mengelola komisi yang menjadi hak kita (Ir. Eddie Muljawan Soetedjo CPA)

Baca juga: Para Agen Properti Dapatkan Hadiah Traveling dari Modernland

Bagikan: 2518 kali