Ilustrasi Agen Properti. Seorang Agen Properti Harus Bisa Menjalin Networking dengan Banyak Pihak untuk Membantu Pekerjaannya (Foto: Rumah123/Getty Images)

Siapa sih yang menjadi stakeholder atau pihak berkepentingan bagi seorang agen properti? Jawabannya mudah yaitu semua orang. Untuk itu, seorang broker dituntut bisa menjalin networking dengan semua orang.

Agen properti harus bisa membina hubungan baik dan menjalin jejaring dengan semua pihak. Hal ini akan membantu agen properti dalam melakukan pekerjaannya.

Ir. Eddie Muljawan Soetedjo memaparkan semua hal tersebut dalam bukunya yang berjudul The King of Property: 36 Secrets of Powerful Closing. Dia mengulas sejumlah tips dan kisah dalam menjalankan profesi sebagai agen properti.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 8 Cara Untuk Cari Tahu Agen Properti yang Berkualitas

Agen properti tidak bisa membatasi pergaulan dengan segelintir orang saja. Dia harus bisa bergaul dengan banyak orang, bahkan pelayan kantin, petugas keamanan, dan lainnya bisa berguna pada masa mendatang karena mereka memiliki informasi penting.

Eddie memaparkan agen properti harus membina hubungan baik dengan BPN (Badan Pertanahan Nasional), Dinas Tata Kota, perbankan, notaris dan PPAT (pejabat pembuat akta tanah), dan juga sesama agen properti.

Mereka akan membantu pekerjaan agen properti. Broker harus mengetahui status dan peruntukkan sebuah bangunan. Untuk itu, dia harus melakukan pengecekan di BPN dan Dinas Tata Kota. Klien membeli properti tidak hanya untuk ditinggali, namun juga untuk keperluan bisnis.

Baca juga: Apresiasi Agen Properti, Harcourts Indonesia Selenggarakan Annual Awards 2019

Ada sejumlah pembeli yang memilih menggunakan kredit pemilikan rumah (KPR) saat membeli properti. Agen properti juga harus membina hubungan baik dengan bank.

Begitu juga dengan notaris. Transaksi properti membutuhkan keterlibatan notaris untuk membuat ketetapan hukum.

Hubungan baik dengan sesama agen properti juga harus dilakukan. Bukan tidak mungkin, pembeli menginginkan properti, namun justru broker lain yang memiliki listing properti yang diinginkan.

Baca juga: Apresiasi Agen Properti, Modernland Berikan Penghargaan Agent Property Award 2019

Eddie juga mengingatkan agar agen properti membina hubungan baik dengan penjual dan pembeli, bahkan setelah transaksi usai. Dia terbiasa mengirimkan kartu ucapan kepada klien saat Hari Raya tiba, kelahiran anak, wisuda, pernikahan, dan lainnya.

“Agen properti tidak menciptakan musuh. Dia memperluas jaringannya. (Ir. Eddie Muljawan Soetedjo CPA).

Bagikan: 18055 kali