Seorang Agen Properti Harus Bisa Mengelola Pendapatan dan Keuangan Secara Cerdas (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pada dasarnya profesi agen properti mirip dengan wirausaha. Tidak setiap saat, seorang broker memperoleh penghasilan bulanan yang tetap seperti layaknya karyawan atau pegawai negeri sipil.

Untuk itu, seorang agen properti harus mengelola keuangannya agar bisa hidup dengan baik. Pendapatan broker berasal dari komisi penjualan properti.

Ir. Eddie Muljawan Soetedjo memaparkan semua hal tersebut dalam bukunya yang berjudul The King of Property: 36 Secrets of Powerful Closing. Dia mengulas sejumlah tips dan kisah dalam menjalankan profesi sebagai agen properti.

Baca juga: Dua Kali Ganti Agen Properti, Akhirnya Rumah Bruce Willis Laku Terjual

Agen properti memperoleh komisi dari transaksi yang sah. Broker sebaiknya tidak hanya mengejar komisi yang besar, tetapi sebaiknya komisi yang sesuai dari transaksi properti yang menguntungkan pihak pembeli dan penjual.

Saat menerima komisi, agen properti harus bisa mengelolanya. Dia memberikan ilustrasi jika seseorang sudah puas untuk hidup dengan pengeluaran Rp50 ribu per hari saat memiliki penghasilan Rp3 juta per bulan, maka dia harus menerapkan hal yang sama ketika memiliki pendapatan Rp10 juta per bulan.

Agen properti harus bisa mengelola pendapatan. Eddie pernah mengalami masalah keuangan ketika memiliki hutang saat mempunyai bisnis bersama rekannya.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 8 Cara Untuk Cari Tahu Agen Properti yang Berkualitas

Setelah itu, dia berusaha untuk mengelola kekuangannya. Dia juga memberikan saran agar seorang agen properti menyisihkan penghasilannya sebesar 10 persen untuk biaya operasional dan kegiatan promosi.

Biasanya, Eddie menggunakan dana ini untuk membeli kartu ucapan selamat ulang tahun, ucapan suka cita melahirkan, atau promosi. Dia juga rutin menyiapkan anggaran untuk mengikuti pelatihan dan juga membayar jasa orang yang telah membantu pekerjaan dia.

“Apakah uang membentuk karakter Anda, ataukah Anda membangun karakter yang bebas dari tamak akan uang? Buahnya akan berbeda.” (Ir. Eddie Muljawan Soetedjo CPA)

Baca juga: Apresiasi Agen Properti, Harcourts Indonesia Selenggarakan Annual Awards 2019

Bagikan: 3048 kali