Ilustrasi Rumah. Agen Properti Tidak Hanya Menjadi Penghubung Antara Pemilik dan Penjual Properti, Namun Juga Menjadi Problem Solver (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Saat agen properti menyelesaikan transaksi jual beli, tidak serta merta semuanya berakhir. Broker masih punya tanggung jawab berupa layanan purna jual.

Kalau dulu, layanan purna jual hanya dikenal untuk pembelian produk, maka hal ini juga ditemui dalam jual beli properti. Agen properti harus memastikan tidak ada masalah yang terjadi pada penjual dan juga pembeli.

Ir. Eddie Muljawan Soetedjo memaparkan semua hal tersebut dalam bukunya yang berjudul The King of Property: 36 Secrets of Powerful Closing. Dia mengulas sejumlah tips dalam menjalankan profesi sebagai agen properti.

Baca juga: Dua Kali Ganti Agen Properti, Akhirnya Rumah Bruce Willis Laku Terjual

Ketika menangani sebuah transaksi properti, agen properti harus memerhatikan banyak hal terkait transaksi mulai dari cara dan termin pembayaran; pengurusan dokumen dan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait seperti perbankan, tata kota, dinas pendapatan daerah, notaris, dan lainnya; hingga pengosongan rumah dan serah terima kunci.

Dia menyarankan agar agen properti selalu bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tentunya, agar penjual dan pembeli tidak menemui masalah di masa mendatang.

Jika ada masalah, broker harus menjadi problem solver. Dia harus dapat menyelesaikan masalah yang terjadi yang menimpa penjual atau pembeli.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 8 Cara Untuk Cari Tahu Agen Properti yang Berkualitas

Transaksi properti tidak hanya sekedar jual beli, pertemuan antara penjual dan pembeli, hingga akhirnya agen properti mendapatkan komisi. Ada hal yang lebih dari itu lho.

Setelah transaksi, penjual dan pembeli bisa saja mereferensikan agen properti kepada orang lain. Atau bisa saja, mereka ingin menjalin bisnis dengan broker. Hal itu hanya bisa terjadi kalau agen properti bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik sehingga muncul rasa percaya dari klien.

“Kualitas terbaik dari sebuah hubungan atas transaksi yang berhasil adalah kepercayaan yang bertumbuh. Komitmen dan integritas akan memelihara pertumbuhan dari benih kepercayaan itu untuk mendatangkan berkat lainnya.” (Ir. Eddie Muljawan Soetedjo CPA).

Baca juga: Apresiasi Agen Properti, Harcourts Indonesia Selenggarakan Annual Awards 2019

Bagikan: 3102 kali