Ilustrasi Rumah (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Siapa sih yang menjadi klien bagi agen properti? Sebenarnya, semua orang bisa menjadi klien bagi broker. Mereka bisa dikelompokkan dalam empat kategori.

Empat kategori ini adalah real client, potential client, future client, dan referral client. Siapa saja yang masuk dalam kategori ini.

Ir. Eddie Muljawan Soetedjo memaparkan semua hal tersebut dalam bukunya yang berjudul The King of Property: 36 Secrets of Powerful Closing. Dia mengulas sejumlah tips dalam menjalankan profesi sebagai agen properti.

Baca juga: Dua Kali Ganti Agen Properti, Akhirnya Rumah Bruce Willis Laku Terjual

Seorang agen harus bisa bergaul dengan siapa saja mulai dari tukang parkir, pedagang di pinggir jalan, satpam, pemilik properti, pengusaha, notaris, bankir, pejabat, dan lainnya. Hal ini harus dilakukan untuk membangun relasi, selain juga untuk memberikan solusi kepada klien. Apalagi kalau broker memilih berbisnis di pasar sekunder, pasti ada saja masalah yang dihadapi.

Lantaran siapa saja bisa menjadi klien. Seperti diungkapkan di atas, real client adalah mereka yang sengaja menghubungi agen properti untuk menjual properti atau membeli properti.

Potential client adalah mereka yang ingin menjual properti atau membeli properti. Tetapi, mereka masih mengumpulkan informasi termasuk mencari tahu kualitas agen properti.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 8 Cara Untuk Cari Tahu Agen Properti yang Berkualitas

Future client adalah mereka yang belum memiliki kebutuhan untuk menjual atau membeli properti. Namun, suatu saat mereka mempunyai kebutuhan tersebut.

Terakhir adalah referral client yang merupakan orang yang mencari agen properti lantaran referensi mereka yang pernah menggunakan jasa broker yang bersangkutan. Ada beragam klien, karena itu broker memang harus bisa bergaul dengan siapa saja. Siapa menyangka kalau orang biasa saja bakal menjadi klien.

“Reputasi adalah buah dari komitmen dan integritas yang dibangun dalam setiap hubungan.” (Ir. Eddie Muljawan Soetedjo CPA).

Baca juga: Apresiasi Agen Properti, Harcourts Indonesia Selenggarakan Annual Awards 2019

Bagikan: 951 kali