Seorang Agen Properti Harus Bisa Menghitung Harga Sebuah Properti Secara Tepat (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Seorang agen properti harus memahami bagaimana menghitung dan menentukan harga jual sebuah properti. Jika dia bisa melakukannya, hal ini akan menentukan kemampuan broker dalam bernegosiasi.

Berapa sih harga sebuah properti? Kok, rumah yang berada di jalan yang sama, harga jualnya bisa berlainan? Seorang broker harus bisa mengerti kenapa terjadi perbedaan.

Ir. Eddie Muljawan Soetedjo memaparkan hal tersebut dalam bukunya yang berjudul The King of Property: 36 Secrets of Powerful Closing. Dia mengulas sejumlah tips dalam menjalankan profesi sebagai agen properti.

Baca juga: Dari Gereja Tua Berubah Menjadi Kantor Agen Properti Berdesain Modern

Agen properti harus memahami comparative market analysis atau menganalisis harga pasar dengan metode perbandingan. Broker harus mencari tahu harga pasaran sebuah properti dengan melakukan perbandingan banyak hal.

Cara menentukan harga properti bisa didapatkan dengan aplikasi, namun cara ini membuat agen tidak mengetahui proses menghitungnya. Broker juga bisa mengetahui harga properti dari perbankan, namun biasa harganya jauh di bawah harga pasar.

Broker harus menganalisis apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan sebuah properti. Hal ini bisa dilihat dari surat legalitas, lokasi, bentuk, akses, hingga kondisi bangunan.

Baca juga: Agen Properti Dituntut Gara-gara Jual Rumah Berhantu

Langkah selanjutnya adalah menganalisis data pembanding. Biasanya ada beberapa properti yang telah dijual sebelumnya. Cari tahu luas tanah, luas bangunan, harga jual, posisi, dan detail lainnya.

Setelah itu, agen melakukan penghitungan harga jual properti yang telah dipercayakan kepada dia. Jika broker bisa menentukan harga jual dengan baik, sebenarnya ini merupakan peluang membangun reputasi dirinya sebagai agen yang bisa diandalkan dan dapat memberikan solusi yang baik untuk keuntungan kliennya.

“Kita tidak mereka-reka harga. Hitunglah secara profesional berdasarkan harga. Kekuatan negosiasi Anda lahir dari sini. (Ir. Eddie Muljawan Soetedjo CPA).

Baca juga: Tips Jual Rumah: 8 Cara Untuk Cari Tahu Agen Properti yang Berkualitas

Bagikan: 299 kali