Seorang Agen Properti Harus Seperti Pelari Marathon yang Memiliki Ketenangan dan Kesabaran (Foto: Rumah123/Tempo.co)

Apa persamaan lari marathon dengan bisnis properti? Keduanya membutuhkan stamina yang kuat dan kemampuan mengelola energi sehingga dapat bertahan hingga penghujung lintasan.

Analogi ini diungkapkan oleh Ir. Eddie Muljawan Soetedjo dalam bukunya bertajuk The King of Property: 36 Secrets of Powerful Closing. Dia memaparkan sederetan tips dalam menjalankan profesi sebagai agen properti.

Baca juga: Ingin Bidik Generasi Milenial, Agen Properti Harus Paham Digital Marketing

Rahasia kedua yang diulas oleh Eddie adalah kekuatan dari ketenangan dan kesabaran. Dia memberikan ilustrasi berupa perjuangan pelari marathon asal Kenya, Eliud Kipchonge.

Marathon merupakan lari jarak jauh yang menempuh jarak lebih dari 42 km. Lari jarak jauh tidak hanya membutuhkan stamina prima, tetapi juga mengelola pikiran. Semua ini membutuhkan latihan, latihan, dan latihan.

Baca juga:  Apartemen Ga Laku-laku, Rocker Gaek Keith Richards Ganti Agen Properti

Sama halnya dengan menjalani profesi sebagai agen properti. Bagi Eddie, mustahil kalau seorang agen properti mampu dan berhasil mengatasi masalah demi masalah dalam deal properti jika tidak melatih diri sebelumnya.

“Hal pertama yang harus dikuasai adalah ketenangan dan kesabaran. Bagaimana kita bisa menjadi orang yang mampu bersikap tenang ketika menghadapi masalah yang berat atau pelik, dan bagaimana kesabaran dilatih oleh masalah-masalah yang berat itu justru menjadi kunci utama pendobrak masalah,” ujar Eddie seperti dikutip dari bukunya halaman 12-13.

Baca juga:  Agen Properti Dituntut Gara-gara Jual Rumah Berhantu

Eddie melanjutkan kalau ketenangan dan kesabaran justru menjadi pembuka jalan dalam menemukan alternatif solusi. Semua itu bermula dari latihan mengelola pikiran serta menjaga stamina pikiran dan tubuh.

Banyak hal dan masalah yang bisa menguji kesabaran dan ketenangan seseorang. Kondisi jalanan macet, deal yang sulit, dan lainnya.

Baca juga:  Rilis Buku, Eddie Muljawan Ingin Agen Properti Punya Standar Kerja

Kalau ada masalah sebaiknya seseorang berupaya mencari cara untuk menenangkan diri. Kamu bisa mandi, tidur, olah raga, makan, meditasi, dan lainnya. Rehat sejenak dari masalah, lantas mencari solusinya.

“Menjadi tenanglah dan bersabarlah dahulu, karena di situlah kekuatan melahirkan solusi akan muncul.” (Ir. Eddie Muljawan Soetedjo CPA).

Bagikan: 962 kali