Ilustrasi Rumah (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Agen properti mewakili penjual dan pembeli. Broker harus memahami kenapa penjual memutuskan melepas rumahnya.

Broker juga mesti mengetahui kenapa pembeli ingin memiliki properti. Selain itu, setiap properti juga mempunyai keunggulan dan kelemahan.

Ir. Eddie Muljawan Soetedjo mengungkapkan hal tersebut dalam bukunya yang berjudul The King of Property: 36 Secrets of Powerful Closing. Dia mengulas sejumlah tips dalam menjalankan profesi sebagai agen properti.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 6 Keuntungan Memakai Agen Properti

Seorang pemilik properti mungkin ingin menjual asetnya karena ingin pindah kota. Sementara seorang pembeli berharap mempunyai properti untuk investasi, ditempati sendiri, atau menjadi tempat usaha. Selain itu, setiap properti pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Untuk itulah, seorang agen properti mengetahui semua ini. Broker harus membuat daftar rinci mulai dari kondisi penjual, status kepemilikan, legalitas dokumen, situasi lingkungan sekitar, spesifikasi tanah dan bangunan, fasilitas, dan lainnya.

Sering kali, penjual tidak memahami perbedaan sertifikat hak milik atau girik. Penjual juga acap kali ingin menjual properti dengan mahal dengan mengabaikan kondisi sekitar.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 8 Cara Untuk Cari Tahu Agen Properti yang Berkualitas

Pembeli punya keinginan sendiri saat ingin memiliki properti. Kalau dia ingin menjadikan rumah tinggal, dia pasti mencari lokasi yang nyaman dan dekat ke mana-mana. Sementara jika dia ingin menjadikannya lokasi usaha, bisnis apa yang bisa menguntungkan bagi dia.

Seorang agen properti harus menguasai semua hal secara terperinci yang menjadi kelemahan dan kelebihan. Tentunya agar dia bisa memasarkan dan menjual properti tersebut.

Fondasi yang kuat akan memastikan bangunan yang kokoh. Karena itu, bangunlah landasan informasi yang benar dan akurat. (Ir. Eddi Muljawan Soetedjo CPA)

Baca juga: Wah, Ada Kelas Fotografi Buat Agen Properti di Festival Properti Indonesia 2018

Bagikan: 562 kali