Ilustrasi (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Banyak masalah yang harus dihadapi ketika menjadi agen properti yang memilih pasar sekunder. Masalah yang dihadapi oleh klien sebenarnya merupakan masalah broker juga.

Kadang kala masalah utama yang menghalangi proses transaksi pembelian properti justru bukan berasal pada masalah uang atau kesepakatan harga. Beberapa masalah di antaranya terjadi karena dokumen legalitas atas kepemilikan lahan atau properti yang dijual.

Ir. Eddie Muljawan Soetedjo mengulas hal tersebut dalam bukunya yang berjudul The King of Property: 36 Secrets of Powerful Closing. Dia membahas sederetan tips dalam menjalankan profesi sebagai agen properti.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 6 Keuntungan Memakai Agen Properti

Kalau memilih pasar sekunder, agen properti harus menguasai banyak hal. Beragam masalah akan muncul. Untuk itu, broker tidak boleh menganggap enteng permasalahan tersebut.

Bayangkan kalau ada sederetan dokumen tanda kepemilikan sebuah properti mulai dari sertifikat hak milik, hak guna bangunan, girik, dan lainnya.

Sebuah properti bisa dimiliki oleh beberapa ahli waris. Atau pemilik properti mempunyai pasangan hidup yang berkewarganegaraan berbeda.

Baca juga:  Dua Kali Ganti Agen Properti, Akhirnya Rumah Bruce Willis Laku Terjual

Belum lagi soal lokasi bangunan, penunjukan notaris dan perbankan, cara bayar, perhitungan pajak, dan lainnya. Sederetan masalah ini tidak akan dijumpai dalam jual beli properti di pasar primer. Sudah pasti ada perbedaan antara pembeli dan penjual, broker harus bisa menjembataninya.

Eddie menyatakan kalau seorang agen properti harus dapat menyelesaikan masalah seperti ini karena masalah klien adalah masalah broker juga. Jika agen properti bisa menuntaskannya, dia mendapatkan banyak keuntungan termasuk semakin banyaknya relasi.

“Saya memutuskan untuk berbahagia ketika menghadapi masalah, karena dari situlah saya mendapatkan pengalaman berharga berhasil menyelesaikannya.” (Ir. Eddie Muljawan Soetedjo CPA).

Baca juga:  Tips Jual Rumah: 8 Cara Untuk Cari Tahu Agen Properti yang Berkualitas

Bagikan: 524 kali