Ilustrasi Agen Properti (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Setiap orang harus memiliki semangat dan antusiasme. Hal inilah yang diungkapkan oleh Ir. Eddie Muljawan Soetedjo CPA dalam bukunya.

Buku bertajuk The King of Property: 36 Secrets of Powerful Closing ini memaparkan sederetan tips yang mengantarkan Eddie menjadi agen properti yang sukses. Dia sudah menekuni profesinya selama 23 tahun.

Baca juga: Agen Properti Dituntut Gara-gara Jual Rumah Berhantu

Rahasia pertama yang diungkapkan Eddie adalah semangat yang antusias. “Saya harus menunjukkan spirit yang hidup secara terbuka mulai dari penampilan dan ketika berbicara,” ujar Eddie seperti dikutip dari halaman 2 bukunya.

Eddie menyatakan sebagai agen properti, dia harus tampil dengan baik. Menurutnya, bagaimana seorang agen bisa menyakinkan klien untuk menyelesaikan masalah kalau tampil kurang bugar dan tidak meyakinkan.

Baca juga:  Ingat Lho, Agen Properti Kudu Punya Izin dan Sertifikasi

Dia menjaga pola makan dengan baik. Eddie menyantap buah-buahan, mengatur jenis makanan, serta tidak lupa berolahraga secara rutin. Tidak lupa, dia selalu bangun sebelum matahari terbit. Pola hidup sehat ini membuat Eddie selalu tampil bugar dan energik.

Selain fisik yang prima, Eddie juga menyatakan kalau seorang agen properti harus berpikiran terbuka dan progresif. Agen juga mesti memiliki integritas. Hal ini penting karena dia memang memasarkan dan menjual properti sekunder yang harganya mencapai puluhan miliar.

Baca juga:  Agen Properti Zaman Now Wajib Gunakan Digital Marketing

Integritas ini penting karena agen properti tidak hanya berhubungan dengan klien. Dia akan menjalin relasi dengan banyak pihak seperti notaris, perbankan, dan lainnya.

Jalinan relasi dengan berbagai pihak ini memudahkan kerja agen. Apalagi, klien baik penjual maupun pembeli menginginkan transaksi yang berjalan dengan baik dan lancar.

Baca juga:  Rilis Buku, Eddie Muljawan Ingin Agen Properti Punya Standar Kerja

Agen properti harus memastikan semua itu dengan menghubungi sejumlah pihak. Untuk memastikan pekerjaan berjalan lancar, Eddie menyiasatinya dengan membawa dokumen. Jadi saat klien menanyakan sesuatu, dia bisa menjawabnya dengan cepat.

“Bersemangatlah sepanjang waktu selama kita dikaruniakan kehidupan dan kesehatan oleh Sang Empunya Kehidupan.” (Ir. Eddie Mulyawan Soetedjo CPA)

Bagikan: 1170 kali