Foto: Rumah123/Getty
 

Rumah tipe kecil atau Tipe 36 berdasarkan Indeks Harga Rumah atau House Price Index (HPI) yang dirilis oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk adalah tipe yang paling diminati pencari hunian. Menurut catatan BTN, harga rumah Tipe 36 naiknya paling tinggi dibandingkan dengan tipe lain. Emang tipe yang lain gimana?

Rumah Tipe 36 pada Juni 2018 mencapai HPI tertinggi yakni 167,74 dengan kenaikan harga tahunan 8,4%. Sedangkan Tipe 45 sebesar 143,97 dan Tipe 70 sebesar 141.20. Berarti sejak Januari 2014 sampai dengan Juni 2018, rumah Tipe 36 mengalami kenaikan harga 67,74%.

Baca juga: Bunga Bank Naik, Ya Kamu Beli Rumah Tipe Kecil Aja!

"Hal ini menggambarkan bahwa permintaan untuk rumah kecil lebih tinggi dibandingkan tipe rumah yang lebih luas, kemungkinan ini juga terkait dengan daya beli masyarakat dan permintaan dari masyarakat kelas menengah ke bawah," kata Direktur Utama BTN, Maryono, seperti dikutip Detik.com, Kamis (13-9-2018).

Nah, buat kamu yang mau beli rumah pertama, kalau tipe besar sangat memberatkan katongmu ya beli aja yang tipe kecil. Selain harganya sesuai dengan ukuran kocekmu, di pasaran rumah tipe kecil banyak diminati.

Baca juga: Harga Rumah Subsidi Bakal Berubah, MBR Akan Dibagi Tiga Golongan

Berikut ini beberapa alasan sebaiknya kamu pilih tipe kecil untuk rumah pertama:

Harganya Lebih Terjangkau

Rumah tipe kecil yakni Tipe 36/72 atau Tipe 45/72 harganya lebih terjangkau. Hal ini penting untuk pasangan muda yang secara finansial masih dalam taraf penyesuaian dengan berbagai kebutuhan. Apalagi kalau sudah memiliki anak kecil yang butuh biaya banyak, pilihan rumah bertipe kecil cukup rasional.

Pasokannya Lebih Banyak

Pasokan rumah tipe kecil lebih banyak di proyek-proyek perumahan yang kini sedang dipasarkan para pengembang. Cobalah cek penawaran rumah di sekitar daerah penyangga Kota Jakarta, rumah tipe kecil banyak tersedia di setiap proyek perumahan.

Mudah Perawatannya

Punya rumah yang hanya terdiri atas 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi tentunya lebih mudah merawatnya ketimbang rumah yang lebih besar. Lebih-lebih saat ini mendapatkan pembantu rumah tangga (PRT) tergolong sulit, maka kamu gak terlalu kerepotan merawat rumah kalau tipenya cuma kecil saja.

Baca juga: Meskipun Kini Beli Rumah Gak Harus Pake DP, Tetap Pilih Tipe Kecil Aja!

Lebih Hemat Pengeluaran

Rumah bertipe kecil gak menyedot dana perawatan yang banyak. Kalaupun kamu terpaksa menggunkan PRT, maka paling Cuma dibutuhkan satu orang. Bayangkan kalau rumahmu besar, gak cukup cuma satu PRT untuk membersihkan rumah. Konsumsi listrik dan air pun jadi lebih hemat karena kamu gak butuh listrik berdaya tinggi.

Lebih Mudah Menjualnya Lagi

Rumah tipe kecil lebih gampang menjualnya kalau suatu saat nanti kamu ingin pindah ke rumah yang lebih besar. Permintaan rumah tipe kecil akan selalu tinggi, bahkan semakin tinggi mengingat lahan semakin langka dan mahal harganya. Selain itu, pasangan muda akan selalu saja ada yang berarti mereka butuh rumah yang tipenya kecil saja.

Bagikan: 1292 kali