Rumah Berhantu yang Pernah Menjadi Lokasi Pembunuhan di Amerika Serikat (Rumah123/Time Out)

Sebanyak 34 persen orang Inggris percaya kalau ada hantu, sementara 39 persen lainnya percaya kalau rumah bisa ada hantunya. Hmm, ternyata wong londo juga percaya kalau ada rumah “pengabdi setan” ya?

Riset ini dilakukan oleh perusahaan riset internet YouGov. Perusahaan ini berbasis di ibu kota Inggris, London dan memiliki perwakilan di Eropa, Amerika Utara, Timur Tengah, dan Asia Pasifik.

Baca juga: Agar Rumah Tua Gak Horor Kayak Rumah Pengabdi Setan!

Hasil yang tidak jauh berbeda juga terungkap lewat survei perusahaan riset asal Amerika Serikat, Gallup yang menyatakan kalau 37 persen orang Amerika Serikat, 28 persen orang Kanada, dan 40 persen orang Inggris percaya kalau rumah bisa memiliki hantu. Wah, sama aja nih mereka percaya rumah “pengabdi setan”.

Riset lainnya dilakukan oleh laman properti asal Amerika Serikat, Realtor yang menyatakan kalau 30 persen responden akan menolak membeli rumah kalau punya masa lalu yang menyeramkan. Ya, iyalah siapa mau tinggal kalau rumah pernah menjadi lokasi pembunuhan atau berhantu.

Baca juga: Belajar dari Pengabdi Setan, Pintu Rumah Lebih dari Satu, Perlu Gak Sih?

Namun, tiga dari empat orang menyatakan kalau rumah ada hantunya, mereka berharap ada pengurangan harga. Nah, ini kesempatan dalam kesempitan nih.

Seorang agen properti, Diane Brooks menyatakan kalau separuh dari kliennya tidak bermasalah kalau rumah berada dekat kuburan. Alasannya, karena kuburan itu indah dan akan dirawat dengan baik.

Baca juga: Pajang Foto dan Lukisan? Ga Masalah Asal Bukan Foto Ibu Pengabdi Setan

Kalau di Amerika Serikat, di banyak negara bagian (provinsi kalau di Indonesia) memang mengharuskan penjual mengungkapkan kalau semua masalah fisik rumah harus dipaparkan secara jelas. Tetapi, hanya beberapa yang ingin hal lain diungkapkan.

“Hmm, katakan saja kalau rumah itu ada hantunya. Jika Anda menemukan ada pembunuhan menakutkan atau jenazah seseorang ditinggalkan di rumah, nah ini bisa menjadi masalah,” ujar editor properti Ilona Bray seperti dikutip oleh NBC Washington.

Baca juga: Ga Usah Takut Rumah Dekat Kuburan? Lebih Serem Rumah Pengabdi Setan Lho

“Nah, kalau sudah begitu, properti ini punya stigma buruk. Dan hal ini secara signifikan akan memengaruhi harga jual rumah,” lanjut Bray.

Namun, Bray juga mengungkapkan kalau ada orang yang memang mencari rumah dengan masa lalu yang kelam. Biasanya agen akan meyakinkan mengenai sejarah rumah berhantu. Dalam riset ini juga terungkap kalau ada 12 persen orang yang siap membeli rumah berhantu dengan harga penuh. Wow, ada juga ya?

Baca juga: Rumah “Pengabdi Setan” Ini Turun Harga 88,88 Persen? Beli Aja Yuk!

By the way, kamu sudah pernah melihat film Pengabdi Setan kan? Pernah terpikir untuk tinggal di rumah yang berada di Pengalengan, Jawa Barat itu?

Yakin deh kalau kamu bakal berpikir panjang untuk tinggal, apalagi untuk membelinya ya? Kecuali kamu mau mengambil keuntungan komersial dari rumah ini, mungkin tur rumah berhantu, selfie di rumah hantu?

Bagikan: 1333 kali